Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salad sumber serat

Salad sumber serat

Serat Bantu Penyerapan Zat Gizi dalam Tubuh

Jumat, 19 Februari 2021 | 09:45 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Serat berperan besar membantu penyerapan zat gizi dan meningkatkan imunitas tubuh melawan infeksi penyakit.

 

Serat selama ini digaung-gaungkan sangat penting bagi kesehatan pencernaan. Peran serat yang menonjol pada kesehatan pencernaan umumnya adalah melancarkan pencernaan sehingga memudahkan buang air besar (BAB).

 

Tapi ternyata ada manfaat lain serat yang tak kalah penting. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

 

“ Setiap kita makan makanan, harapannya gizi makanan tersebut terserap baik. Nah penyerapan mikronutrien seperti vitamin dan mineral dari makanan bisa dibantu dengan mencukupi kebutuhan serat. Kita khawatir ada zat gizi seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh tapi tak terserap karena kekurangan serat sehingga akan menyebabkan kelainan. Misal, penyerapan zat besinya tak baik, ini akan menyebabkan anemia. Karena itu, salah satu untuk membantu penyerapan zat besi ini adalah dengan konsumsi serat,” ujar dr. Daeng M. Faqih, SH, MH, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dalam kampanye bertajuk ‘Segelas Energen Sereal Kaya Serat Setiap Hari, Agar Badan Sehat, Siap Beraktivitas’ yang digelar Energen dalam rangka Pekan Sarapan Nasional, secara daring, Kamis (18/2/2021).

 

Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah, MS juga menegaskan, di masa pandemi Covid-19, masyarakat harus mengonsumsi serat dalam jumlah cukup. “Serat di dalam usus menjadi makanan bakteri-bakteri baik. Bakteri baik ini mengeluarkan asam dan berbagai zat gizi serta menghasilkan imunitas untuk mencegah infeksi dan inflamasi,” ungkap Prof.Hardinsyah.

 

Berapa kebutuhan serat per hari? “Kebutuhan serat untuk anak dan remaja 20 gr per hari dan untuk dewasa 25-30 gr per hari. Kebutuhan ini bisa dicukup dari 3 porsi sayur dan 2 porsi buah per hari,” jelas Prof.Hardinsyah.

 

Sayangnya, lanjut Prof.Hardinsyah, berdasarkan riset yang dilakukan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia pada tahun 2012, terbukti 9 dari 10 anak usia sekolah 6-12 tahun di Indonesia mengalami kekurangan serat saat sarapan.

 

Sedangkan 93,5% remaja dewasa tak cukup makan serat. Padahal, lanjut Prof,Hardinsyah, masih banyak manfaat serat untuk kesehatan. “Selain menigkatkan imunitas tubuh, melancarkan BAB, serat juga meningkatkan produksi insulin sehingga tak mudah terkena penyakit diabetes,” papar Prof.Hardinsyah.

 

Cynthia Ruslan, Sr. Brand Manager Energen mengatakan, mengambil momentum Pekan Sarapan Nasional yang jatuh pada 14 – 20 Februari 2021, mencukup kebutuhan serat per hari sebaiknya dimulai di pagi hari ketika sarapan. “Sarapan bergizi lengkap dengan serat sangat penting karena memenuhi 15-30% angka kecukupan gizi per hari,” tegas Cynthia.

 

“Kebiasaan sarapan sehat mengandung serat setiap hari menjadi awal yang penting dalam memulai hari, sama seperti nilai yang terkandung di dalam Energen sebagai produk sereal susu yang dilengkapi dengan susu, telur, sigmavit (vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, dan kalsium) dan sereal kaya seratnya membantu pencernaan untuk menyerap nutrisi secara maksimal sehingga badan sehat dan siap beraktivitas,” tandas Cynthia Ruslan.

Editor : Mardiana Makmun (nana_makmun@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN