Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kandidat vaksin untuk virus corona (Covid-19 )hasil pengembangan AstraZeneca, produsen farmasi Inggris. ( Foto: DADO RUVIC / REUTERS )

Kandidat vaksin untuk virus corona (Covid-19 )hasil pengembangan AstraZeneca, produsen farmasi Inggris. ( Foto: DADO RUVIC / REUTERS )

Vaksin AstraZeneca Segera Tersedia

Jumat, 20 November 2020 | 07:07 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id – Vaksin virus corona (Covid-19) yang dikembangkan Universitas Oxford dan AstraZeneca segera tersedia dalam waktu yang sama dengan kandidat utama lainnya seperti Moderna dan Pfizer.

Kepala Uji Coba vaksin Oxford, Andrew Pollard mengatakan, vaksin Oxford-AstraZeneca memicu respons kekebalan kuat pada orang lanjut usia. Temuan ini meningkatkan harapan vaksin melindungi kelompok usia yang paling berisiko.

Pollard yang juga menjabat Direktur Oxford Vaccine Group mengatakan, para peneliti sangat senang dengan temuan itu. Dia optimistis data fase ketiga akan tersedia sebelum Natal. Adapun hasil awal uji coba fase tiga akan menentukan keefektivan vaksin Oxford-AstraZeneca.

Sementara itu, Pfizer-BioNTech dan Moderna telah menerbitkan data awal uji coba fase tiga. Keduanya terbukti protektif mencegah infeksi Covid-19.

Produsen obat dan pusat penelitian berlomba-lomba menemukan vaksin untuk mengakhiri pandemi yang telah merenggut lebih 1,3 juta jiwa.

“Kami tidak terburu-buru dan tidak bersaing dengan perusahaan lain. Apa yang kami coba lakukan adalah memastikan bahwa kami memiliki data yang sangat berkualitas, bekerja dengan mitra kami di negara lain, ” kata Pollard dalam sebuah jumpa pers online.

Langkah selanjutnya, jelas Pollard, adalah menyediakan semua data kepada regulator dan menunggu perizinan.

“Jika proses itu selesai, maka bisa jadi semuanya bisa berjalan tidak terlalu banyak perbedaan waktu antara berbagai vaksin yang ada,” ujarnya.

Sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan AS Alex Azar mengatakan kepada CNBC awal pekan ini bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) akan bergerak secepat mungkin untuk memberi lampu hijau vaksin corona Pfizer dan Moderna dalam rangka penggunaan darurat.

Namun, tantangan besar tetap ada sebelum vaksin diluncurkan. Pertarungan global mengamankan persediaan telah menimbulkan kekhawatiran tentang akses yang adil. Selain itu, mengenai logistik, distribusi, dan biaya.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN