Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
fitness First, Celebrity fitness, dan Yayasan Love Pink menggelar kampanye bahasaya kanker payudara di Plaza Semanggi Jakarta, Rabu (30/10/2019).

fitness First, Celebrity fitness, dan Yayasan Love Pink menggelar kampanye bahasaya kanker payudara di Plaza Semanggi Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Waspadai Kanker Bila Terdapat 12 Perubahan Payudara

Mardiana Makmun, Kamis, 31 Oktober 2019 | 10:36 WIB

JAKARTA, Investor.id – Tak hanya perempuan, pria juga berisiko terkena kanker payudara. Berdasarkan riset dari Data Global Cancer Observatory World Health Organization (WHO), kanker payudara adalah tipe kanker yang paling umum di populasi wanita di Indonesia. Terdapat 1 dari 8 wanita menderita penyakit tersebut.

Untuk mewaspadainya, para perempuan disarankan melakukan Sadari (pemeriksaan payudara sendiri) adakah benjolan, dengan merabanya secara detail saat mandi atau sesudah mandi. “Lakukan Sadari pada H7 hingga H10 menstruasi. Saat haid, hormon estrogen pada wanita meningkat jumlahnya sehingga payudara kencang, agak sakit, dna terasa seperti grenjel-grenjel,” ujar dr.Patsy Djatikusuma, Sp.GK dari Yayasan love Pink Indonesia dalam talkshow yang digelar oleh Fitness First, Celebrity Fitness, dan Love Pink Indonesia di Plaza Semanggi, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Selain menggelar talkshow, Fitness First, Celebrity Fitness, dan Yayasan Love Pink Indonesia juga menggelar USG payudara secara gratis bagi konsumen Fitness First dan wartawan di lobby selatan Plaza Semanggi, Jakarta. Juga memberikan donasi untuk Love Pink Indonesia sebesar Rp. 90 juta.

Untuk laki-laki, juga perlu melakukan Sadari. “Lakukan sebulan sekali saja di tanggal yang sama,” saran dr.Patsy.

Namun, terang dr.Patsy, masyarakat perlu tahu, bahwa tak selalu adanya kanker payudara ditandai oleh benjolan. “Ada 12 tanda yang harus diwaspadai selain benjolan. Bila ada salah satunya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter,” tegas dr.Patsy.

Keduabelas tanda kanker payudara tersebut adalah payudara mengeras seperti batu, tumbuh benjolan, payudara berlekuk ke dalam, payudara cekung, ada bercak kemerahan di kulit sekitar payudara, keluar cairan dari puting, puting masuk ke dalam, tumbuh pembuluh darah seperti varises, kulit mengelupas, payudara mengerut seperti jeruk, dan payudara berubah bentuk.

Meskipun banyak faktor penyebab kanker payudara, termasuk genetis, setidaknya lakukan pencegahan. “Pencegahan bisa dengan mengurangi makanan tinggi kalori dan gula sederhana seperti makanan dan minuman manis, kurangi makanan berlemak tinggi. Ini karena kalori dan lemak justru akan menjadi makanan bagi sel kanker,” tegas dr.Patsy.

Sebaiknya, saran Patsy, “Konsumsilah makanan tinggi protein, serat, dan antioksidan. Masaklah makanan dengan cara sederhana, seperti direbus dan dikukus,” sarannya.

Satu lagi, lepaskanlah stres karena stres akan merusak sel-sel tubuh. “Lepaskan stres dengan olahraga atau melakukan hobi yang disukai,” saran dr.Patsy.

“Lakukan olahraga, seperti dance misalnya. Dance mempunyai efek yang positif sebanding dengan metode pencegahan yang efektif. Dance dapat membangun sistem pertahanan tubuh kita, mulai dari penguatan jantung dan paru-paru, hingga peningkatan otot inti, kelincahan, daya tahan, koordinasi, fleksibilitas dan keseimbangan, hingga mengasah fokus mental. Dance juga membantu kita membakar kalori, sekaligus membuat kita lebih sosial, termotivasi dan percaya diri untuk melangkah lebih jauh ke masa depan dalam hidup kita,” tambah Feni Soemitra selaku Head of Marketing dari Celebrity Fitness dan Fitness First Indonesia.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA