Selasa, 6 Juni 2023

Toyota Mulai Produksi Kijang Innova Zenix Hybrid di Indonesia

Herman
21 Nov 2022 | 14:29 WIB
BAGIKAN
Seremoni produksi lokal Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik perakitan Toyota yang terletak di Karawang, Jawa Barat, 21 November 2022.
Seremoni produksi lokal Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik perakitan Toyota yang terletak di Karawang, Jawa Barat, 21 November 2022.

KARAWANG, Investor.id - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mulaiproduksi lokal kendaraan listrik pertamanya di Indonesia, tepatnya di pabrik perakitan Toyota di Karawang, Jawa Barat. Model pertama yang diproduksi berjenis adalah hybrid. yakni Kijang Innova Zenix.

Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific Hao Quoc Tien menyampaikan, Kijang Innova Zenix menjadi mobil hybrid pertama yang diproduksi Toyota di Indonesia. Diharapkan Indonesia juga akan menjadi basis produksi Innova Zenix Hybrid untuk pasar ekspor. Sebelumnya, kendaraan hybrid Toyota yang dijual di Indonesia masih berstatus impor.

"Hari ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan Toyota. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas dukungannya untuk pengembangan electrified vehicle," kata Hao Quoc Tien dalam acara seremoni produksi lokal mobil listrik Toyota, di Karawang, Senin (21/11/2022).

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang turut hadir dalam acara seremoni juga menyampaikan apresiasinya terhadap Toyota dalam memproduksi kendaraan ramah lingkungan yang memang menjadi komitmen pemerintah. Langkah ini juga menjadi bagian dari komitmen Toyota untuk melanjutkan investasinya di Indonesia.

"Toyota mampu membangun rantai pasok dari industri pendukung, terutama investasi US$ 2 miliar atau Rp 28,3 triliun untuk 5 tahun ke depan yang sangat dinanti oleh pemerintah realisasinya," kata Airlangga.

Sebagai upaya sosialisasi mengenai elektrifikasi di Indonesia, Airlangga juga mendukung langkah Toyota yang sudah membuat perakitan battery pack hingga  pengembangan X-EV Center.

"Tentu pemerintah terus mendukung dan mengucapkan selamat atas diluncurkannya kendaraan sejuta umat Toyota Kijang. Tentu diharapkan Innova ini bisa diekspor ke 50 negara. Seperti disampaikan bapak Hao Quoc Tien agar Toyota di Indonesia juga menjadi basis ekspor," ujar Airlangga.

Editor: Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+ijaEXDjGdL1lZTE1, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkini


Market 4 jam yang lalu

BSI (BRIS) Terbitkan EBA Syariah Pertama di Indonesia

BSI (BRIS) menerbitkan Efek Beragun Aset Syariah-Surat Partisipasi (EBAS-SP), hasil sekuritisasi aset syariah pertama di Indonesia.
Business 4 jam yang lalu

Premier Luncurkan Proyek Hunian Hijau di Selatan Jakarta 

PT Premier Qualitas Indonesia bersama anak usahanya, PT Bukit Sukses Bersama (BSB), memperkenalkan proyek hunian hijau Premier Promenade.
Market 5 jam yang lalu

Lanjutkan Ekspansi, SMKL Bakal Gunakan Energi Ramah Lingkungan

Terapkan praktik bisnis berkelanjutan, SMKL akan mengganti boiler yang semula menggunakan batu bara dengan energi gas agar ramah lingkungan.
Business 5 jam yang lalu

Anak Usaha KS Pasok Pipa Baja ke Proyek Terminal Kalibaru

Anak usaha KS, PT Krakatau Pipe Industries (KPI), melakukan pengiriman perdana pipa pancang ke proyek rancang bangun Terminal Kalibaru PTPP.
Market 5 jam yang lalu

Rapor ESG Bumi Resources (BUMI), Begini Hasilnya!

Bumi Resources (BUMI) menerima laporan resmi dari Bloomberg, penyedia data keuangan, terkait ESG (Environmental, Social & Government).

Tag Terpopuler


Copyright © 2023 Investor.id