Jumat, 2 Juni 2023

Hadapi Pandemi Covid-19, Ace Hardware Ubah Strategi Usaha

Muhammad Nabil Alfaruq
26 Apr 2020 | 13:16 WIB
BAGIKAN
ace hardware
ace hardware

JAKARTA, Investor.id - PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) mengubah strategi bisnis penjualan produk, seiring wabah Covid-19 melanda Indonesia. Perubahan strategi diproyeksikan membuat penurunan kinerja usaha perseroan tahun ini.

Manajamen perseroan menyebutkan bahwa dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan signifikan terhadap pengunjung ke gerai ritel perseroan. Bahkan, perseroan menutup sementara gerai ritel yang berlokasi di pusat perbelanjaan yang berimbas terhadap penurunan omzet penjualan grup.

Fenomena tersebut mendorong Ace Hardware Indonesia menyiapkan langkah strategi untuk mempertahankan usaha Grup dalam menghadapi wabah Covid-19. “Kami mengubah fokus penjualan kami menjadi online dengan menggunakan website dan penjualan di gerai ritel melalui aplikasi whatsapp,” tutur manajemen perseroan dalam laporan keuangan di Jakarta, Minggu (26/4).

Kemudian, pihaknya tetap akan menjual barang-barang yang dibutuhkan dengan harga wajar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19, terutama produk-produk yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan. Selain itu, perseroan melakukan pendekatan ke pelanggan yang sudah memiliki member dengan mengirimkan email mengenai produk-produk khusus yang bersangkutan dengan Covid-19.

Lebih lanjut, perseroan juga melakukan efisisen pembiyaan, seperti merubah fokus biaya marketing dari memasang advertising pada billboard, katalog, dan brosur menjadi media digital dengan biaya yang lebih terjangkau. Perseroan juga mengurangi biaya-biaya lain yang tidak relevan, seperti biaya perjalanan dinas dan biaya utilitas.

Dari sisi laporan keuangan, emiten yang bergerak di bidang usaha perdagangan ini telah membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tahun 2019 sebesar Rp 1,03 triliun atau tumbuh 6,80% dari periode sama tahun 2018 yang mencatatkan Rp 964,55 miliar.

Sepanjang tahun 2019, perseroan berhasil mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 12,07% menjadi Rp 7,98 triliun, dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya yang memperoleh Rp 7,12 triliun. Kemudian, beban pokok penjualan juga mengalami peningkatan menjadi Rp 4,25 triliun dari semula Rp 3,80 triliun. Sehingga, laba kotor perseroan diperoleh Rp 3,88 triliun dari sebelumnya Rp 3,44 triliun.

Laba usaha perseroan tercatat meningkat 5,70% menjadi Rp 1,30 triliun dari periode sama tahun sebelumnya yang membukukan Rp 1,23 triliun, dan laba sebelum pajak penghasilan terangkat Rp 1,28 triliun dari semula Rp 1,20 triliun. Laba per saham dasar menguat menjadi Rp 60,33 per saham dari sebelumnya Rp 56,49 per saham.

Secara total aset, hingga akhir tahun 2019 pihaknya telah memperoleh sejumlah Rp 5,92 triliun, naik 11,27% dari periode sama tahun 2018 yang mencatatkan Rp 5,32 triliun. Total liabilitas perseroan juga meningkat menjadi Rp 1,17 triliun dari sebelumnya Rp Rp 1,08 triliun.

Editor: Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Dapatkan info hot pilihan seputar ekonomi, keuangan, dan pasar modal dengan bergabung di channel Telegram "Official Investor.ID". Lebih praktis, cepat, dan interaktif. Caranya klik link https://t.me/+ijaEXDjGdL1lZTE1, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN

Berita Terkait


Berita Terkini


Lifestyle 48 menit yang lalu

Lyodra Ginting Tampil di AGI Jakarta International Circuit Ancol

Lagu-lagu yang dibawakan Lyodra tergolong popular, antara lain Pesan Terakhir, dan Sabda Rindu,.
Market 6 jam yang lalu

Kobexindo (KOBX) Cetak Kenaikan Laba Bersih 12,2%

Kobexindo Tractors (KOBX) membukukan pertumbuhan laba bersih 12,24% menjadi Rp 63,46 miliar pada kuartal I-2023.
Lifestyle 6 jam yang lalu

Saat Buku Jadi Objek Rekreasi, Ada BBW 2023

Tahun 2023, BBW akan tur ke 6 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, dan kota ke-6 akan menjadi kejutan.
Business 6 jam yang lalu

TCL Perkuat Posisi Hadirkan Perangkat Rumah Tangga Berteknologi Cerdas

Merek elektronik TCL memperkenalkan produk-produk TCL terbaru yang akan hadir di tahun 2023. Produk terbaru tersebut akan memperkuat posisi TCL sebagai penyedia perangkat rumah tangga berteknologi cerdas.
Market 6 jam yang lalu

Program Klinik Apung Kimia Farma Raih CSR Awards 2023

Kimia Farma berhasil meraih penghargaan B-Universe CSR Awards 2023 kategori Healthcare & Consumer lewat program Klinik Apung Kimia Farma.
Copyright © 2023 Investor.id