Menu
Sign in
@ Contact
Search

SDM Andal Kunci Sukses Hadapi MEA

Selasa, 14 April 2015 | 12:52 WIB
ah (redaksi@investor.id)

JAKARTA — Sumber daya manusia (SDM) andal merupakan kunci sukses Indonesia untuk memenangi persaingan di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang berlaku akhir 2015. Pemerintah juga perlu memperbaiki iklim usaha agar daya saing industri manufaktur nasional meningkat. Di sisi lain, Indonesia sebagai penggagas sekaligus pencetus Asean berperan penting dalam merancang dan menentukan arah kebijakan ekonomi dan politik regional.


Demikian benang merah seminar bertajuk Dampak MEA 2015 terhadap Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Indonesia yang digelar Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka/Uhamka bersama Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah DKI Jakarta (DPD IMM DKI Jakarta) di Jakarta, belum lama ini.


Hadir sebagai pembicara Wakil Dekan III Fakultas Guru dan Ilmu Pendidikan Uhamka Desvian Bandarsyah, pengamat sosial dan intelijen Muhammad Harris Indra, dan Wakil Ketua Komite Tetap Bidang Modal Ventura dan Alternatif Permodalan di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Jay Singgih.


Jay Singgih yang juga ketua bidang kewirausahaan di Ikatan Alumni Britania Raya (IABA) menyatakan, pelaku usaha nasional harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri saat MEA berlaku. Untuk itu, dibutuhkan SDM tangguh dan mempunyai daya saing yang tinggi, sehingga produk dan jasa yang dihasilkan dapat unggul di pasar Asean.


“Iklim usaha yang kondusif juga perlu diciptakan melalui pembenahan peraturan-peraturan yang tumpang-tindih, reformasi birokrasi, reformasi regulasi serta akses permodalan yang mudah dan kompetitif dibanding negara-negara Asean lainnya,” ujar Jay. (ac)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com