Menu
Sign in
@ Contact
Search

Linde Bangun Pabrik Rp1 T, Suplai Gas Krakatau Posco

Jumat, 10 Juni 2011 | 17:08 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

JAKARTA- PT Linde Indonesia akan membangun pabrik pemisahan udara yang baru di Cilegon yang mampu menghasilkan produk gas Oksigen sekitar 2000 ton per hari. Gas oksigen tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan gas-gas industri pabrik baja baru milik PT Krakatau POSCO (PT KP).

"PT Linde mengeluarkan investasi Rp 1 triliun (sekitar 88 juta Euro) untuk membangun pabrik tersebut menyusul ditandatanganinya kerja sama suplai gas industri jangka panjang antara perusahaan bagian Grup Linde itu dengan PT KP," demikian PT Linde dalam rilisnya di Jakarta, Jumat.

PT KP yang merupakan perusahaan patungan antara POSCO dan Krakatau Steel, kini tengah membangun pabrik baja tahap pertama dengan kapasitas tiga juta ton pertahun di Cilegon.

Pabrik baru milik PT KP ini akan menjadi pabrik baja terintegrasi pertama di Asia Tenggara yang akan mulai beroperasi di akhir tahun 2013.

Sebagai tambahan pemenuhan kebutuhan gas Oksigen PT KP sebesar 1680 ton per hari, pabrik Linde yang baru ini, yang akan mulai beroperasi di Oktober 2013, juga akan memproduksi produk-produk gas cair untuk memenuhi permintan gas-gas industri yang meningkat di Jawa Barat.

Sanjiv Lamba, Anggota Direktur Eksekutif Grup Linde (Linde AG) yang juga Kepala Unit Bisnis Asia Tenggara, mengatakan, Grup Linde memiliki minat yang besar untuk mengembangkan bisnis di Indonesia, yang merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi di kawasan ini.

“Keputusan kami untuk berinvestasi dan membangun pabrik pemisahan udara yang paling besar di Indonesia, dan yang juga merupakan investasi Linde yang paling besar di Indonesia hingga saat ini, menunjukkan komitmen kami yang berkelanjutan untuk mendukung pelanggan kami yang sangat penting yaitu PT KP dalam hal pengembangan bisnis mereka, dan juga untuk memenuhi kebutuhan akan gas-gas industri di masa mendatang,“ jelas Sanjiv Lamba.

Presiden Direktur PT Linde Indonesia Darren Webster mengatakan, penandatanganan kontrak suplai gas jangka panjang ini merupakan sebuah tahapan yang sangat penting bagi Linde di Indonesia.

“Pabrik pemisahan udara kami akan memproduksi lebih dari 3000 ton per hari Oksigen, Nitrogen dan Argon, dan akan membuat kapasitas produksi kami meningkat secara signifikan dan juga akan meningkatkan kemampuan kami untuk melayani area Jawa Barat yang tumbuh secara cepat,“ kata Webster.

Sementara itu, Presiden Direktur PT KP Kim Dong-Ho mengatakan, sangat senang bekerja sama dengan Linde di fasilitas pabrik baja mereka yang baru di Cilegon, karena suplai gas-gas yang andal dan efektif secara biaya, memiliki peran yang vital dalam rencana operasional PT KP.

“Saya sangat senang bahwa kami telah menyepakati perjanjian suplai jangka panjang ini dengan Linde dan berharap kerja sama ini akan berjalan dengan sukses dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak,” ujar Kim. (*/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com