Menu
Sign in
@ Contact
Search

Kemenperin Fokus Kembangkan SDM Industri

Jumat, 12 Agustus 2016 | 15:25 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

SOLO – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan, pihaknya akan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan pendidikan vokasi industri yang berbasis kompetensi serta memiliki keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.


Langkah ini juga diyakini dapat mengurangi angka pengangguran yang cukup tinggi.


“Ke depan, pendidikan vokasi atau pendidikan tingkat tinggi mampu menciptakan SDM yang kompeten sesuai kebutuhan di dunia industri saat ini, sehingga tidak ada lagi kesenjangan,” kata Airlangga pada Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) di Solo, Rabu (10/8).


Menurut Airlangga, dengan target pertumbuhan industri nasional 5-6% per tahun, sektor industri memerlukan tenaga kerja sebanyak 600 ribu orang setiap tahun. “Program pelatihan vokasi ini dapat menjadi contoh dan dimassalkan. Akademi komunitas TPT Solo dapat memotong kurva pembelajaran selama ini sekaligus meminimalkan kesalahan dalam pekerjaan di perusahaan,” kata dia.


Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Mujiyono mengatakan, Akademi Komunitas Industri TPT Solo mengadopsi arah pengembangan pendidikan vokasi sistem ganda (dual system) dari Jerman.


Pendidikan ini berorientasi pada penguasaan kemampuan kerja dengan mengintegrasikan pendidikan di sekolah atau kampus dengan di industri, sehingga terwujud sinergi pembelajaran di kedua lingkupnya.


Pembangunan Akademi Komunitas Industri TPT Solo dapat menjadi pijakan untuk pengembangan pendidikan vokasi industri ke depannya. Bukan hanya peningkatan kapasitas mahasiswa, tetapi juga peningkatan kualitas penyelenggaraan melalui fasilitas pendidikan.


Kurikulum di Akademi Komunitas ini, terang Mujiyono, mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang disusun bersama pelaku industri TPT, dengan komposisi teori 30% dan praktik 70%. (ajg)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com