Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Software Apotek Digital Terintegrasi Trustmedis

Software Apotek Digital Terintegrasi Trustmedis

Software Apotek Digital Terintegrasi Trustmedis Bantu Efisiensi Bisnis

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:12 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Dibandingkan apotek konvensional, kelebihan apotek digital tidak hanya untuk pasien yang membutuhkan obat, tetapi juga bagi Anda sebagai pemilik apoteknya.

Seiring dengan berkembangnya zaman. Pelayanan farmasi kini semakin canggih. Pelayanan untuk kebutuhan obat sekarang bisa didapat dengan mudah melalui aplikasi apotek yang bertransformasi ke digital. Kelebihan apotek digital kian dipertimbangkan oleh pemilik apotek konvensional karena berbagai alasan yang membuat pembeli obat lebih memilih apotek digital. Demikian keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (23/6)

Tak jauh berbeda dengan apotek konvensional, melalui apotek digital pembeli obat akan lebih mudah menemukan berbagai jenis obat yang dibutuhkan. Para pembeli obat, kini tidak perlu datang langsung ke apotek untuk membeli obat yang dibutuhkan. Tentu saja hal ini semakin memudahkan mereka, bukan?

Hal inilah yang menjadikan pemilik apotek konvensional mempertimbangkan untuk segera bertransformasi ke apotek digital. Adapun kelebihan lainnya yang bisa didapatkan saat menggunakan apotek digital sebagai berikut.

Kelebihan Apotek Digital

Apotek digital adalah penggunaan teknologi untuk meningkatkan keberlangsungan bisnis apotek. Apalagi sejak berkembangnya pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu juga telah menuntut kita semua untuk menghindari interaksi sosial secara langsung. Akan tetapi dengan pemanfaatan teknologi digital secara tepat ternyata bisa memenuhi segala kebutuhan obat dengan mudah dan cepat tanpa harus berinteraksi secara langsung.

Sangat wajar jika pebisnis apotek konvensional saat ini mulai menerapkan apotek digital secara bertahap. Dengan adanya teknologi apotek digital memungkinkan pemilik apotek juga mendapatkan lebih banyak pemasukan serta lebih eksis di internet. 

Tren penggunaan apotek digital juga terbukti dapat memudahkan pembeli obat dalam mendapatkan obat yang dibutuhkan hingga pelayanan kesehatan yang tepat.

Tak hanya memberikan kemudahan bagi pembeli, penggunaan apotek digital juga dapat memudahkan operasional apotek Anda, sehingga kinerja karyawan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

Oleh karenanya, apotek digital mampu memberikan manfaat yang banyak untuk masyarakat serta tenaga kesehatan lainnya yang membutuhkan obat.  

Perbedaan Kelebihan Apotek Digital dibandingkan Apotek Konvensional

Meskipun sama-sama memberikan pelayanan farmasi kepada pasien, kelebihan apotek digital dan apotek konvensional juga memiliki perbedaan.

Lalu, apa sebenarnya yang membedakan apotek digital dengan apotek konvensional? Hal ini data dibagi menjadi tiga aspek, yaitu :

Cara mendapatkan informasi obat

Aspek pertama yang membedakan kelebihan apotek digital dan konvensional adalah dari seg cra mendapatkan informasi obat.

Melalui apotek konvensional, pasien bisa langsung mengunjungi apotek yang berada di kotanya. Kemudian, untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan, pasien bisa langsung menanyakannya kepada staf farmasi yang berada di apotek tersebut.

Melalui staf farmasi ini, pasien dengan mudah menanyakan obat yang sedang dibutuhkan sehingga staf farmasi akan menjawab dan mencarikan obat yang sesuai dengan keluhan pasien.

Lain halnya dengan apotek konvensional, melalui apotek digital, pasien bisa menemukan informasi terkait obat yang dibutuhkan dengan cepat melalui aplikasi yang tersedia di smartphone sehingga tidak perlu datang ke apotek langsung.

Melalui kolom pencarian, pasien bisa mendapatkan obat yang dibutuhkan tanpa harus menanyakannya kepada staf farmasi.  Pasien bisa dengan mudah memilih salah satu obat yang dibutuhkan sekaligus dengan informasi dan harganya.

Metode pembayaran

Aspek selanjutnya adalah metode pembayaran. Aspek ini juga membedakan kelebihan antara apotek digital dan konvensional.

Metode pembayaran pada apotek konvensional sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah secara cash di kasir yang telah disediakan. Akan tetapi, ada pula apotek yang sudah memiliki layanan pembayaran kartu debit sehingga pasien bisa melakukan transaksi secara non tunai.

Sebaliknya, metode pembayaran apotek digital tentu saja lebih bervariasi dan lengkap. Melalui apotek digital, pasien bisa melakukan pembayaran melalui transfer bank, kartu debit, kartu kredit, Gopay, Dana, Ovo, atau metode pembayaran digital lainnya.

Menariknya, apotek digital juga mampu melayani pembayaran secara cash atau yang biasa dikenal dengan COD (Cash on Delivery) sehingga pasien dapat melakukan pembayaran secara cash setelah pesanan sampai diantarkan ke rumah.

Tentu saja hal ini lebih menghemat waktu dan tenaga bagi pasien yang tidak bisa keluar rumah atau kondisinya kurang memungkinkan untuk membeli obat secara langsung.

Menebus resep

Aspek terakhir adalah metode penebusan resep antara apotek digital dan apotek konvensional. Keduanya tentu memiliki perbedaan dalam hal ini.

Apotek konvensional biasanya menerima tebus resep dari dokter dengan terlebih dahulu mengkonsultasikan kepada apoteker yang terdapat di apotek tersebut. Selanjutnya, apoteker akan memeriksa resep tersebut untuk memastikan keasliannya.

Jika sesuai, apoteker akan mencarikan obat tersebut dan akan memberikan alternatif jika merk obat yang dibutuhkan sedang habis atau kosong.

Berbeda dengan apotek konvensional, jika menembus obat melalui apotek digital, maka pasien juga diharuskan untuk mengirim foto resep melalui aplikasi apotek digital yang digunakan.

Untuk proses selanjutnya pun sama dengan apotek konvensional. Jadi, konsultasi pasien dengan apoteker dilakukan secara online melalui chat. Selanjutnya, pengiriman obat juga akan diantarkan oleh kurir hingga sampai ke tangan pasien.

Trustmedis, Software Apotek Digital Terintegrasi

Bagi Anda, pemilik bisnis apotek konvensional yang ingin beralih ke apotek digital, maka Anda tidak perlu khawatir memilih software yang tepat. Saat ini telah hadir Trustmedis yang siap membantu pemilik bisnis apotek dalam meningkatkan  pelayanan kepada pasien.

Trustmedis merupakan software untuk fasilitas kesehatan yang modular dan terintegrasi dengan fitur yang lengkap. Melalui aplikasi ini, pasien bisa lebih mudah mendapatkan layanan fasilitas yang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga lebih mudah untuk menjalankan pekerjaan operasional yang biasa dilakukan manual saat ini menjadi lebih praktis dan mudah. Kelebihan apotek digital yang terintegrasi bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Trustmedis

Berikut adalah menu-menu yang bisa digunakan oleh pemilik apotek :

Laporan

Menu Trustmedis yang satu ini dapat memberikan kemudahan kepada karyawan Anda di apotek untuk mengelola laporan.

Trustmedis menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh apotek dalam bentuk laporan, seperti laporan terima barang, mutasi barang, persediaan barang, stok barang, dan sebagainya.

Dengan adanya kelebihan apotek digital melalui menu ini, proses operasional apotek dapat berjalan dengan cepat, praktis, dan meminimalisasi kesalahan karyawan.

Manajemen stok

Menu selanjutnya adalah manajemen stok. Melalui fitur ini, pihak apotek akan lebih mudah melihat stok, mengelola obat, hingga melakukan stok opname dengan cepat.

Pada bagian ini, Anda juga bisa mengetahui seluruh rekap penggunaan transaksi obat dan alat kesehatan mulai dari penerimaan obat, penjualan di apotek, stok opname, mutase obat hingga pembatalan transaksi berdasarkan unit lokasi obat atau expired date.  

Penjualan

Menu penjualan yang terdapat pada Trustmedis juga dapat memudahkan Anda untuk proses transaksi obat di apotek.

Dalam menu ini terdapat beberapa fungsi dari submenu yang tersedia, seperti :

- Melayani penjualan obat dan alkes kepada pasien dengan atau tanpa resep di kertas

- Melayani penjualan obat dan alkes kepada pasien bebas dengan atau tanpa resep

- Melayani penjualan obat dan alkes kepada karyawan

- Melayani penjualan obat racikan kepada pasien atau pasien bebas

- Melayani penjualan obat subtitusi bila obat yang diresepkan sedang kosong

- Menampilkan daftar obat yang akan kadaluarsa

- Menampilkan seluruh data transaksi penjualan obat dan alkes

- Koreksi Penjualan Obat

- Menampilkan katalog obat/alkes.

Melalui Trustmedis, masyarakat bisa menikmati kelebihan apotek digital yang lebih terintegrasi dalam berbagai hal sehingga setiap fiturnya dapat digunakan dengan mudah melalui smartphone maupun PC. 

“Jadi, pastikan beralih ke Trustmedis dan dapatkan berbagai keuntungannya untuk perkembangan bisnis. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai fitur apotek Trustmedis lainnya hanya melalui kami ,” jelasnya.

 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN