Menu
Sign in
@ Contact
Search
Aktivitas perkebunan kapas Brasil, negara produsen kapas terbesar dunia

Aktivitas perkebunan kapas Brasil, negara produsen kapas terbesar dunia

Brazilian Cotton Jamin Pasok Kapas Berkelanjutan untuk Indonesia

Sabtu, 3 Des 2022 | 11:37 WIB
Majalah Investor (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Cotton Brazil, program pengembangan pasar internasional untuk kapas Brasil tersertifikasi dari Brazilian Cotton Growers Association (ABRAPA) menyelenggarakan event Sellers Mission di Jakarta, Selasa (29/11/2022). Event ini fokus mempromosi kapas Brasil yang andal, berkelanjutan, dapat ditelusuri, dan berkualitas tinggi.

Brazilian Cotton berkomitmen memastikan komitmen berkelanjutan Cotton Brazil dalam memasok bahan baku untuk Indonesia. Komitmen ini dinyatakan kala industri kapas global menghadapi kelangkaan pasokan. Pasar Asia pun terdampak mulai dari level produsen hingga penjual.

Dramatisnya “Para Opa” Korsel Lewati Babak Grup untuk Bersua Brasil

Negara-negara Asia seperti Indonesia membutuhkan kapas impor untuk melengkapi kekurangan pasokan domestik. Lonjakan permintaan kapas impor berkualitas tinggi telah membuka jalan bagi kebangkitan Brasil mengukuhkan posisinya sebagai produsen terbesar keempat sekaligus eksportir kapas terbesar kedua di dunia.

Advertisement

Presiden ABRAPA Julio Cezar Busato, mengatakan negaranya memanfaatkan teknologi terbaru pertanian untuk mengurangi dampak lingkungan yang berbahaya yang disebabkan oleh praktik pertanian kapas yang tidak berkelanjutan sebelumnya.

Ada PHK Massal di Industri Tekstil, Menkeu Merespons

Untuk merealisasikan komitmen itu, kata Julio Cezar, pihaknya fokus pada empat pilar utama yaitu menciptakan industri kapas yang berkelanjutan tanpa mengorbankan kualitas dan permintaan. “Karena alasan ini, kapas Brasil merupakan impor utama bagi mitra kami di Indonesia. Kami berharap dapat terus membina hubungan kami dengan mitra kami di Indonesia saling belajar untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi industri kapas,” ujar Julio Cezar Busato

Dalam empat tahun terakhir, Brasil mengalami peningkatan produksi kapas hingga lebih dari dua kali lipat, yaitu dari 1,3 juta ton pada tahun 2015/2016 menjadi sekitar 3 juta ton pada tahun 2019/2020. Hal ini terutama tercapai dengan pemanfaatan teknologi pertanian yang mutakhir dan penerapan praktik pertanian non-irigasi di lebih dari 90% lahan pertanian kapas Brasil. Selama musim panen 2021/2022, pertanian kapas Brasil telah mensuplai 155 ribu ton ke Indonesia.

Jadi Distributor Konica Minolta, Samafitro Dukung Industri Tekstil

Indonesia merupakan negara pengimpor kapas Brasil terbesar keenam di dunia. Hal ini tak mengejutkan mengingat pesatnya industri tekstil yang mencakup hampir 7% dari ekspor nasional; yang diperkirakan senilai US$ 11,9 miliar.

Di industri tekstil dunia, kapas Brasil memiliki 28% pangsa pasar, menjadikannya salah satu impor kapas terbesar di Indonesia. Persentase tersebut diperkirakan akan meningkat, dengan kerja sama yang diperkuat oleh melimpahnya kapas Brasil berkualitas tinggi.

Pasokan kapas Brasil diperkirakan tumbuh lagi tahun ini. ABRAPA memperkirakan area panen tahun ini akan mencapai lebih dari 1,6 juta hektar, meningkat 15% dibandingkan tahun lalu. Hal ini terjadi karena peningkatan di area penanaman.

Brasil Paling Berpeluang Jadi Juara Piala Dunia 2022

ABRAPA memproyeksikan pertumbuhan hingga 20% pada 2022 dengan produksi mencapai hampir 2,5 juta ton. Angka ini menandai musim panen terbaik kedua dalam sejarah kapas Brasil.

Secara global, Brasil telah mengekspor 1,519 juta ton kapas pada periode Agustus 2021 hingga April 2022, menghasilkan pendapatan senilai US$ 2,87 miliar. Brasil memperkirakan total ekspor akan mencapai 1,8 juta ton pada siklus berikutnya, dengan perkiraan 2,2 juta ton untuk periode 2023 hingga 2024.


 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com