Menu
Sign in
@ Contact
Search
Wisatawan menyaksikan Komodo di TN Komodo. (Foto: Istimewa/Beritasatu.com)

Wisatawan menyaksikan Komodo di TN Komodo. (Foto: Istimewa/Beritasatu.com)

Libur Imlek, Kunjungan Wisnus Tembus 101 Juta

Minggu, 22 Jan 2023 | 06:00 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pemerintah menargetkan sebanyak 101 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sepanjang Januari 2023, seiring dengan adanya libur perayaan Imlek pada 21-23 Januari 2023. Sejumlah program promosi dan atraksi telah disiapkan untuk semakin menarik minat wisatawan berlibur ke berbagai destinasi wisata di Indonesia. Perbaikan infrastruktur pariwisata juga terus dikebut pemerintah untuk mengejar target 1,2-1,4 miliar pergerakan wisnus dan 3,5-7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang 2023.

"Bulan Januari ini strategi kami berfokus pada kegiatan menarik seperti Lunar Festival, pameran makanan khas Imlek, festival barongsai, dan lainnya. Puncaknya adalah perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Nanti di situ juga ada KEN (Kharisma Event Nusantara)," kata Deputi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ni Made Ayu Marthini di Jakarta, Jumat (20/1/2023).

Made menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi berbeda setiap bulan guna mencapai target pergerakan wisnus hingga penghujung tahun nanti. Kontinuitas tema program dengan berbagai event ini diharapkan mampu mendorong pergerakan dan belanja wisata.

"Bila pada Januari kami fokus ke festival barongsai, misalnya, nanti di Februari ada Bulan Bumi Pertiwi yang mengedepankan wisata petualangan geopark, camping, dan lainnya. Lalu pada Maret, tema yang diusung adalah Bulan Film dengan menampilkan maraton film-film Indonesia dan wisata lokasi film," kata dia.

Advertisement

Baca juga: CMK Luncurkan Filter Instagram untuk Sambut Imlek

Tarik Turis

Selain menghadirkan sejumlah event, pemerintah juga terus melakukan perbaikan infrastruktur pariwisata untuk meningkatkan layanan, sekaligus menggenjot kunjungan wisatawan. Hal itu ditegaskan Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Kawasan Wisata Bunaken, Sulawesi Utara, kemarin.

Jokowi mengharapkan turis mancanegara kembali ramai mengunjungi Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, setelah pemerintah memperbaiki dan mengembangkan fasilitas di pulau yang terkenal dengan kekayaan biodiversitas kelautan itu.

“Kita harapkan turis mancanegara bisa kembali lagi ramai dan masuk ke Manado, Sulawesi Utara, khususnya di Bunaken. Kita membuka untuk turis semua negara, termasuk dari Tiongkok,” kata Jokowi.

Selain Bunaken, Presiden Jokowi juga meninjau pembenahan infrastruktur pariwisata di kawasan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut). "Ini (Likupang) sudah kita putuskan sebagai kawasan wisata superprioritas dengan empat yang lainnya," sebut Jokowi.

Baca juga: Jumlah Penumpang Bandar Udara Soekarno-Hatta Meningkat Jelang Imlek

Karena itu, lanjut dia, infrastruktur bandara di Sulut sudah dibenahi dan untuk terminal dapat menampung penumpang dalam jumlah yang besar. Dari Bandara Sam Ratulangi Manado menuju ke Likupang ketika menggunakan jalur darat, jalannya sebagian sudah diperbaiki.

"Saya kira bila dibandingkan dengan sebelumnya jauh sekali, sekarang sudah mulus," kata Presiden Jokowi seperti dilansir dari Antara.

Presiden optimistis apabila suasananya seperti ini, akan banyak lagi turis dari Eropa, Tiongkok, Jepang, dan Korea yang berkunjung ke Likupang. "Ini sebuah kawasan menarik, selain Bali, Labuan Bajo dan lainnya," ujar Jokowi.

Devisa Pariwisata

Sementara itu Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo dalam Rapat Kerja dengan Komite III DPD RI, di Gedung B DPD RI, Selasa (17/1/2023), mengatakan, pihaknya menargetkan 1,2-1,4 miliar pergerakan wisnus dan 3,5-7,4 juta kunjungan wisman pada tahun ini. Sektor pariwisata bisa menghasilkan devisa US$ 2,07-5,95 miliar dan nilai kontribusi terhadap PDB sebanyak 4,1%.

Baca juga: Libur Imlek, Arus Kendaraan dan Penumpang di Pelabuhan Bakauheni Melonjak

Sedangkan untuk ekspor produk ekonomi kreatif diperkirakan bisa tembus US$ 26,46 miliar atau Rp 397,98 triliun. Untuk nilai tambah ekonomi kreatif ditargetkan mencapai Rp 1.297 triliun.

"Peringkat Travel and Tourism Index ditargetkan meraih rangking antara 29-34. Selain itu, target jumlah tenaga kerja pariwisata sebesar 21,93 juta, dan tenaga kerja ekonomi kreatif sebesar 22,59 juta," ujar Wamenparekraf.

Angela juga mengungkapkan pencapaian pengembangan desa wisata di lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas pada 2022. Saat ini, Kemenparekraf telah melakukan pendampingan terhadap 3.620 desa wisata, baik untuk SDM maupun wirausaha di desa wisata. “Kami juga melakukan beli kreatif desa wisata. Kami melakukan program on boarding 100 desa wisata ke platform online, juga pengembangan Borobudur Trail of Civilization, serta sertifikasi desa wisata berkelanjutan. Pada 2022, juga ada penguatan jejaring pariwisata dan ekonomi kreatif, pengelolaan dashboard investasi parekraf, hingga match meeting UMKM,” kata Wamenparekraf.

Wamenparekraf juga menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara Asean Tourism Forum (ATF) 2023, yang bertemakan Asean: A Journey to Wonderful Destinations. Acara akan dilaksanakan di Yogyakarta, pada 2-5 Februari 2023. “Akan ada dua acara pada ATF. Ini mencakup pertemuan antar pejabat pemerintah dan TRAVEX atau Travel Expo, yang mempertemukan para pelaku industri pariwisata,” kata dia.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com