Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Indonesia Berpotensi Jadi Basis Industri ASEAN

Jumat, 24 Mei 2013 | 14:24 WIB
Antara

JAKARTA- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan Indonesia berpotensi besar menjadi basis industri pengolahan dan manufaktur setelah pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

"Pertanyaannya, apakah hal itu bisa terwujud? Jawabannya tergantung apakah Indonesia mampu menyiapkan infrastruktur, lahan dan tenaga terampilnya," kata Suryo dalam salah satu seminar Indonesia Banking Expo (IBEX) 2013 bertema "Kesiapan Ekonomi Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara dalam Menghadapi MEA 2015" di JCC, Senayan, Jumat.

Suryo mengatakan dalam menghadapi MEA 2015, yang paling penting adalah menyiapkan faktor sosial masyarakat Indonesia untuk menerima MEA.

Menurut Suryo, Indonesia saat ini belum secara sistemik dan konsisten menyiapkan masyarakat dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Akibatnya, UMKM belum siap dan mampui bersaing dalam MEA.

"UMKM harus ikut berperan dalam MEA. Indonesia memang masih harus bekerja keras untuk menghadapi MEA dengan mengintegrasikan komponen-komponen dalam negeri," tuturnya. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN