Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Peran Sektor Swasta di Pelabuhan Sangat Vital

Selasa, 4 Juni 2013 | 15:30 WIB
Antara

JAKARTA- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengingatkan bahwa peran berbagai perusahaan sektor swasta sangat vital di pelabuhan di seluruh Indonesia sehingga pemerintah harus lebih dapat memperhatikan hal tersebut.

"Peran swasta di sektor kepelabuhanan di Indonesia sangat vital karena selama ini telah berkontribusi besar dalam menjaga pertumbuhan dan ketahanan perekonomian nasional melalui aktivitas di pelabuhan," kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, Selasa.

Suryo mengemukakan hal tersebut dalam menanggapi aksi mogok yang dilakukan oleh asosiasi Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) DKI di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (3/6).

Ia memaparkan, perusahaan penyedia jasa usaha pelabuhan dari swasta meliputi usaha bongkar muat, angkutan khusus pelabuhan, logistik, forwarder, pergudangan, depo kontainer.

Sedangkan asosiasi pengguna jasa pelabuhan, ujar dia, antara lain importir, eksportir dan pelayaran yang jumlahnya secara keseluruhan mencapai lebih dari 5.000 unit perusahaan.

Untuk itu, ujar Suryo, pemerintah seyogyanya mendengar aspirasi dunia usaha karena dengan sinergi antara swasta di pelabuhan bersama BUMN pelabuhan, akan membuat Indonesia lebih siap dalam mengamankan pasar domestik pada era integrasi pasar ASEAN 2015.

"Pelabuhan adalah urat nadi bagi ribuan perusahaan penyedia jasa usaha kepelabuhanan, tetapi BUMN pelabuhan di Indonesia masih memonopoli sehingga perlu mekanisme yang jelas untuk menjaga persaingan usaha yang sehat," katanya.

Menurut Suryo, kisruh persaingan usaha di pelabuhan tidak harus terjadi jika pemerintah segera turun tangan melakukan intervensi yang kuat guna menjamin terciptanya asas fairness (keadilan) dalam berusaha di sektor kepelabuhanan. (gor/ant)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN