Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wisata Pantai Selong Beranak, Lombok Tengah. Foto: IST

Wisata Pantai Selong Beranak, Lombok Tengah. Foto: IST

Berselancar di Pantai Selong Belanak

Jumat, 20 November 2020 | 08:41 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

LOMBOK TENGAH, investor.id - Lombok tak hanya dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid, namun juga dianugerahi banyak pantai dan dunia bawah laut yang mempesona. Karenanya, banyak turis domestik maupun mancanegara kerap menjadikan Lombok sebagai tujuan berwisata utama mereka.

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Lombok adalah Pantai Selong Beranak. 

Pantai yang terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok tengah itu berjarak sekitar 30 kilometer dari Bandara Internasional Lombok atau dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan kendaraan bermotor. Akses jalan dari bandara ke Pantai Selong Belanak cukup mulus untuk dilalui, meski terkadang berkelok-kelok dan menanjak.

Pantai Selong Belanak menawarkan pasir putih sehalus tepung dan pantai berwarna biru jernih. Dengan garis pantai yang panjang serta ombak tak terlalu besar, Pantai Selong Belanak diminati oleh wisatawan yang hendak berselancar. Tak heran di sini terdapat sejumlah sekolah berselancar. Pantai ini juga sangat asyik untuk berenang.

"Di pantai ini cocok untuk yang ingin belajar berselancar karena ombaknya tidak terlalu besar dan garis pantainya cukup panjang. Berenang juga cocok karena pasir di dalam airnya sangat halus tidak ada batu karang sehingga aman bagi yang ingin berenang," kata Fatah, warga Desa Selong Belanak, Kamis (19/11).

Wisata Pantai Selong Beranak, Lombok Tengah. Foto: IST
Wisata Pantai Selong Beranak, Lombok Tengah. Foto: IST

Pemandangan khas lain dari Pantai Selong Belanak adalah gerombolan kerbau yang melintas. Hewan-hewan ternak ini diarak menyusuri pantai oleh penggembalanya seolah menyapa para pengunjung yang berjemur, bermain pasir, atau bersiap-siap untuk berselancar.

"Ya jika datang tepat waktunya, kita dapat melihat kerbau-kerbau melintas di pinggiran pantai. Sore hari, menjelang matahari terbenam, biasanya kumpulan kerbau-kerbau diarak pulang ke kandang," ujar pemandu wisata setempat, Desa Made Triastuti.

Bagi pengunjung yang sebatas ingin menikmati pemandangan di pinggir Pantai Selong Belanak, di sini tersedia banyak kedai yang menyediakan kursi berpayung dengan air kelapa segar dan menu beragam makanan.

Desa Made Triastuti menuturkan, sebelum pandemi Covid-19, Pantai Selong Beranak cukup diminati oleh wisatawan asing untuk berselancar ataupun berjemur. Tetapi pandemi membuat pantai ini sepi karena pembatasan perjalanan.

Wisata Pantai Selong Beranak, Lombok Tengah. Foto: IST
Wisata Pantai Selong Beranak, Lombok Tengah. Foto: IST

"Biasanya Juni, Juli, Agustus itu ramai di pantai ini. Tapi karena pandemi, dampaknya luar biasa sehingga sepi. Namun wisatawan domestik sudah mulai meningkat. Kami mengharapkan tahun depan sudah ramai lagi," jelas Desa.

Menikmati matahari terbenam di pantai ini juga sangat syahdu. Selain dengan hanya duduk di atas pasir putih, pengunjung pun bisa menikmati matahari terbenam di Restoran Laut Biru yang menghadap ke pantai sambil ditemani beragam menu minuman maupun makanan menarik.

Bagi wisatawan yang ingin meneruskan bermalam di kawasan Selong Belanak, tak perlu khawatir karena di sana terdapat banyak penginapan dengan beragam pilihan harga.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN