Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Rosan P Roeslani. Foto: Investor Daily/EMRAL

Rosan P Roeslani. Foto: Investor Daily/EMRAL

Ekonomi Kreatif Bakal Sumbang PDB Rp 1.211 Triliun

Leonard AL Cahyoputra, Sabtu, 9 November 2019 | 16:35 WIB

JAKARTA, investor.id – Ekonomi kreatif nasional terus berkembang, terlihat pada kenaikan sumbangan ke produk domestik bruto (PDB) dalam tiga tahun terakhir. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memprediksi kontribusi ekonomi kreatif ke PDB mencapai Rp 1.211 triliun pada 2019, naik dari 2018 sebesar Rp 1.105 triliun, sedangkan pada 2017 sebesar Rp 1.000 triliun.

Terdapat tiga subsektor unggulan ekonomi kreatif yang menyumbang pertumbuhan tertinggi, yakni kuliner, fashion, dan kriya. Adapun subsektor film, musik dan pengembangan aplikasi dan permainan menjadi subsector prioritas.

Kadin mendukung penuh penggabungan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Hal ini akan mengakselerasi pengembangan dua sektor ekonomi itu. Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani meminta, pemerintah mereformasi pembangunan dan penyelenggaraan ekonomi kreatif dan pariwisata nasional. Hal itu untuk memaksimalkan potensi ekonomi dari kedua sektor tersebut.

“Perlu reformasi secara keseluruhan, baik dari sisi perizinan, pelayanan, hingga promosi, yang harus kita gencarkan. Kita juga perlu menciptakan sesuatu hal yang unik dan beda juga,” kata dia di Jakarta, Kamis (7/11).

Rosan mengatakan, 2019 tinggal menyisakan dua bulan lagi. Dia menilai, pariwisata bisa menjadi sektor yang dapat diandalkan untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi tahun ini. Sebab, Desember menjadi bulan yang bagus untuk pariwisata, karena ada libur sekolah dan wisatawan asing dari negara Eropa sedang mengalami musim dingin.

Dia menilai pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif perlu didukung dengan ekosistem yang kondusif dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku ekonomi kreatif, dan masyarakat.

Selain itu, pemerintah perlu mengoptimalkan teknologi informasi, memperluas, dan memetakan potensi wisata serta sentra ekonomi kreatif yang ada dengan konsumen.

Rosan menilai, Indonesia harus dapat memetik manfaat maksimal dari bonus demografi dengan jumlah angkatan kerja usia muda yang tinggi. Saat ini, sangat penting untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keterampilan di bidang teknologi serta industri kreatif guna menyambut peluang besar di era ekonomi digital.

Berdasarkan hasil riset terbaru bertajuk e-Conomy SEA 2019 yang disusun Google, Temasek, dan Bain Company, ekonomi digital Indonesia diprediksi mencapai US$ 40 miliar tahun ini. Tingkat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia mencapai 49%, tertinggi di Asia Tenggara dan berpotensi menuju US$ 133 mlliar pada 2025.

Pertumbuhan ekonomi digital itu mencakup lima sektor, yaitu e-commerce, media daring (online), transportasi berbasis aplikasi daring, wisata dan perjalanan, serta jasa keuangan digital.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Kreatif Erik Hidayat. Foto: twitter
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Kreatif Erik Hidayat. Foto: twitter

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Kreatif Erik Hidayat mengatakan, saat ini, industri kreatif penting dikembangkan sebagai upaya mendukung kesejahteraan dan perekonomian nasional. Sebab, kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama dan industri pada abad ke-21 akan sangat tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi.

Sedikitnya, ekonomi kreatif dibagi ke dalam 16 subsektor, antara lain arsitektur, desain interior, desainkomunikasi- visual (DKV), desain produk, fashion, film-animasi-video, fotografi periklanan, kerajinan (kriya), kuliner, musik, pengembang aplikasi & permainan, penerbitan, periklanan, tv dan radio, seni pertunjukkan, dan seni rupa.

Program Wishnutama

Menparekraf Wishnutama. Foto: wikipedia
Menparekraf Wishnutama. Foto: wikipedia

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, bergabungnya pariwisata dan ekonomi Kreatif dalam satu kementerian memunculkan banyak potensi yang saling mendukung dan bisa mengakselerasi bidang-bidang ekonomi kreatif lebih pesat ke depan.

Pria yang akrab disapa Tama ini menerangkan, pariwisata bisa dimanfaatkan untuk membuat ekosistem ekonomi kreatif baru untuk lebih terakselerasi.

Tama menerangkan, dirinya ingin membawa ekonomi kreatif hingga ke peedesaan. Tujuannya agar ekonomi kreatif tidak hanya dinikmati orang orang perkotaan, tetapi juga peedesaan. Salah satu caranya adalah pengembangan sebuah daerah pariwisata.

Dia menilai pengembangannya tidak hanya dari pembangunan infrastruktur, tetapi juga ekosistem, hospitality dan maupun budaya.

Tama mengatakan, fokus pemerintah bukan lagi soal kuantitas kunjungan wisatawan, tetapi kualitas dari wisatawan itu serta dampak yang diterima oleh masyarakat. Indonesia bisa mencetak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 15,8 juta pada tahun lalu, tetapi angka average spending per arrvial (ASPA) sekitar US$ 1.220 per orang per kunjungan.

Bandingkan dengan Selandia Baru yang hanya bisa mendapatkan 4 juta kunjungan wisman per tahun, tetapi rata-rata ASPA mencapai US$ 5.000 per orang.

Untuk menuju itu, dia menegaskan, kualitas destinasi pariwisata mutlak ditingkatkan dengan memanfaatkan bidang ekonomi kreatif.

Tama menjanjikan penyederhanaan alur birokrasi dan regulasi yang bisa menghambat pertumbuhan industri. Kemenparekraf maupun Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf) dalam lima tahun ke depan harus memperkaya big data yang dimiliki setelah birokrasi lebih efisien.

Tama menjelaskan, pihaknya juga ingin membuat sertifikat hak kekayaan intelektual (HAKI) memiliki nilai lebih. Tama juga berjanji akan mencegah terjadinya konflik kepentingan dalam tender yang diadakan kementeriannya dengan taipan, Harry Tanoesoedibjo, karena putri pengusaha tersebut, Angela Tanoesoedibjo, kini menjabat sebagai wakil menteri di kementerian tersebut.  

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA