Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Gaurav Gupta Pimpin General Motors Indonesia

Jumat, 3 Juli 2015 | 23:05 WIB
ah

JAKARTA – General Motors (GM), raksasa otomotif Amerika Serikat (AS), menunjuk Gaurav Gupta sebagai pemimpin PT GM Indonesia. Gupta yang sebelumnya menjabat managing director GM Vietnam sejak 2011 ini akan mulai menduduki posisi barunya sebagai presiden direktur GM Indonesia awal Juli 2015.

 

“Dalam jabatan barunya, Gupta akan membawa pengalamannya yang mumpuni dalam bidang penjualan, pengembangan bisnis, dan transformasi bisnis,’’ kata Presiden General Motors South Asia Operations Tim Zimmerman, Kamis (2/7).

 

Menurut Zimmerman, Gupta adalah salah satu eksekutif di industry otomotif yang memiliki pemahaman mengenai situasi di Asia Tenggara dan memiliki catatan keberhasilan dalam memimpin bisnis otomotif.

 

Dia telah sukses memimpin perubahan unit bisnis dari Vietnam Daewoo Motor Company (VIDAMCO) menjadi General Motors Vietnam, mendirikan keberadaan merek Chevrolet, dan mengintegrasikan sistem operasional GM Vietnam ke negara-negara Asia Tenggara lainnya.

 

Gupta akan memimpin pengembangan Chevrolet (Chevy), salah satu merek andalan GM, di Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Gupta mengatakan bahwa dirinya akan berfokus pada pelanggan dan memperkenalkan produk yang kompetitif sekaligus memberikan pengalaman kelas dunia bagi pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memastikan masa depan yang kuat bagi GM di Indonesia.

 

Gupta mengawali karirnya di GM pada tahun 1997 dan telah menduduki sejumlah posisi berbagai divisi di kantor pusat sebelum menjadi manajer kawasan untuk Retail Network Operations di GM Asia Pacific, berbasis di Singapura dan Shanghai. Tahun 2008-2011, Gupta adalah Direktur Marketing dan Product Planning, sekaligus menjadi Direktur Strategic Business & Utility Vehicles di GM India. Sebelum bergabung dengan GM, Gupta bekerja di Sony dan Deloitte.

 

Sebelumnya, GM Indonesia merugi US$ 200 juta selama 2013-2014, seiring membengkaknya biaya operasional yang tidak diimbangi dengan kenaikan penjualan. Akibatnya, perseroan menutup pabrik perakitan di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, tahun ini. Kapasitas produksi terpasang pabrik itu mencapai 40 ribu unit per tahun. Pabrik itu dibangun pada 1995 dan sempat berhenti beroperasi pada 2005. Kemudian, GM mereaktivasi pabrik itu dengan investasi US$ 150 juta pada Mei 2013. Pabrik ini merakit kendaraan serbaguna bawah (low multipurpose vehicle/LMPV) Chevy Spin.

 

Sebanyak 500 karyawan pabrik terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Setelah menutup pabrik, GM Indonesia akan bertransformasi menjadi distributor resmi Chevy. Saat ini, terdapat enam model Chevy di Indonesia, antara lain Spin, Aveo, Captiva, Orlando, Trailblazer, dan Colorado. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan Chevy tahun lalu mencapai 10.018 unit.

 

Spin memang menjadi model terlaris Chevy dengan torehan penjualan 7.475 unit. Namun, angka itu masih jauh dari kapasitas produksi terpasang pabrik sebanyak 40 ribu unit per tahun. Spin kalah bersaing dengan model-model LMPV besutan pabrikan Jepang, seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga. (epa)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN