Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Indonesia-Hong Kong Perkuat Bisnis Produk Konsumsi dan Gaya Hidup

Anis Rifatul Ummah, Selasa, 18 Februari 2014 | 22:54 WIB

JAKARTA- Mengantongi kesuksesan ganda pada tahun 2012 dan 2013, Lifestyle Expo Jakarta (LEJ) kembali ke Jakarta dengan membawa sekitar 170 perusahaan asal Hong Kong untuk memamerkan produk unggulan mereka di Jakarta Convention Center (JCC) pada 20-22 Maret 2014. Penyelenggara LEJ, Hong Kong Trade Development Council (HKTDC), berharap pameran ketiga ini bisa memperkuat hubungan perdagangan kedua negara, terutama di bidang bisnis produk konsumsi dan gaya hidup.

Tahun ini Lifestyle Expo Jakarta diharapkan bisa menggaet lebih dari 15.000 pengunjung atau meningkat 20% dari tahun lalu, 12.000 pengunjung.

Pameran ketiga di Jakarta ini merupakan kerja sama antara HKTDC dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Pameran ini akan dihadiri oleh distributor, importir, retailer, online shop, department store dan toko lainnya di Indonesia maupun negara-negara Asean.

Hong Kong, kota mode utama sekaligus pusat desain di Asia, akan mempertunjukkan ragam produk gaya hidup berkualitas dalam pameran Lifestyle Expo Jakarta 2014. Berbeda dengan tahun lalu, pameran kali ini akan dibagi menjadi tujuh kategori, yakni Consumer Electronics, Gifts and Premiums, Produk Rumah Tangga dan Barang Elektronik, Produk Fashion dan Aksesori, Arloji dan Jam, ditambah tiga kategori baru yakni Kelengkapan Bayi dan Anak-anak, Produk Kesehatan dan Kecantikan, juga Furnitur.

Seperti tahun lalu, Lifestyle Expo Jakarta 2014 akan menghadirkan zona premium atau "Premium Zone" yang menampilkan produk-produk berkualitas dari brand papan atas Hong Kong. Selain itu, dalam pameran ini terdapat zona layanan khusus yang disebut "Small-Order Zone" untuk memfasilitasi buyer yang tertarik membeli dalam kuantitas terbatas, bahkan jika hanya memesan 20 buah pun. Tidak hanya itu, dalam Lifestyle Expo Jakarta 2014 akan dipertunjukkan paviliun spesial yang menampilkan koleksi dari 44 desainer produk dan fashion asal Hong Kong.

Jajaki Pasar Asia
Lifestyle Expo Jakarta yang memberikan kesempatan pengunjung pameran memenangkan tiket pulang-pergi Jakarta-Hong Kong, disponsori Cathay Pacific juga akan dihadirkan seminar mengenai produk-produk teranyar, serta konsultasi bisnis dan perdagangan bagi para pengusaha Indonesia yang ingin menjajaki pasar Asia.

Hadirnya Lifestyle Expo di Jakarta bisa membantu pebisnis Indonesia, terutama yang bergerak di bidang produk konsumsi dan gaya hidup untuk memiliki sumber produk baru yang berkualitas tinggi tanpa harus keluar negeri. Tidak hanya itu, pameran ini bisa memberi kesempatan bagi pelaku bisnis untuk langsung bertemu muka dengan supplier mereka.

Hong Kong memandang Indonesia sebagai pasar potensial yang terus membesar. Hal tersebut berkaitan erat dengan Indonesia yang merupakan negara berpopulasi terpadat di Asia Tenggara dan memiliki pertumbuhan kelas menengah cukup tinggi.

Pada tahun 2013 nilai perdagangan Indonesia-Hong Kong mencapai angka US$ 5 miliar. "Kami lihat sekarang Indonesia adalah pasar yang potensial. Perekonomiannya terus tumbuh, populasinya besar, daya beli masyarakatnya meningkat pesat. Dan produk-produk Hong Kong bisa memberi alternatif baru bagi konsumen Indonesia, terutama untuk produk barang konsumsi dan gaya hidup," kata Leung Kwan Ho Senior Marketing Manager, HKTDC Jakarta.

Hong Kong sendiri saat ini adalah pengekspor utama produk elektronik, arloji dan jam, mainan, optical goods, serta fashion, yang melayani lebih dari 657.000 buyers dari seluruh penjuru dunia.

Bagi Indonesia, posisi Hong Kong juga sangat strategis karena menjadi pintu gerbang memasuki pasar China. Dengan pengalaman puluhan tahun di bidang trade financing, logistik, dan jasa perkapalan, Hong Kong bisa menjadi perantara antara perusahaan Indonesia dan perusahaan China dalam melakukan transaksi jasa dan dagang. ''Kami punya sejarah panjang menjembatani perdagangan antara China dan negara-negara lain di berbagai belahan dunia,'' tutur Kwan Ho.

Pameran Lifestyle Expo Jakarta juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi pelaku bisnis Indonesia mengenai tren terkini produk lifestyle yang digemari di Hong Kong dan berpotensi dijual di pasar lokal. Pelaku bisnis produk lifestyle pun bisa membuka peluang kemitraan dengan produsen ragam produk Hong Kong.

"Produk Indonesia kita tahu banyak yang bagus, namun sering desainnya tidak sesuai selera internasional. Produk Indonesia harus dikemas lebih baik. Dari pameran seperti Lifestyle Expo Jakarta ini kita bisa belajar cara mengadakan pameran, cara memasarkan produk, dan meningkatkan kemasan, seperti produk Hong Kong yang inovatif dan potensial," ungkap James Budiono, Ketua Komite Kadin Indonesia Hong Kong - Macau. (O-2/SP)

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA