Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Industri Sepatu

Industri Sepatu

Industri Alas Kaki Didorong Manfaatkan Program KKST

Amrozi Amenan, Selasa, 9 Juli 2019 | 17:49 WIB

SIDOARJO - Balai Pengembangan Industri Persepatuan (BPIPI) Indonesia Kementerian Perindustrian terus mendorong industri alas kaki dalam negeri untuk memanfaatkan program pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) dalam program Kerja Sama Teknik Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) RI-Colombo Plan.

“Kita bisa sharing mulai knowledge, bahan baku kualitas, desain, sampai peluang kerja sama pasar dengan negara-negara tersebut,” kata Kepala BPIPI Heru Budi Susanto usai membuka workshop persepatuan di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (8/7).

Pelatihan itu merupakan serangkaian dari kegiatan dalam kerangka Kerja Sama Teknik Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) ‘Capacity Building Program On Enhacing The Development of Small and Medium Industry 2019' yang digelar pada 2-13 Juli 2019 di Surabaya. Terdapat 19 orang peserta yang berasal dari Bangladesh, Bhutan, Laos, Myanmar, Nepal, Pakistan, Iran, Malaysia, Brunei, Maladewa, India, dan Indonesia.

Lebih lanjut Heru menjelaskan, dari sisi pengembangan industri persepatuan dalam negeri, ada beberapa peluang strategis yang bisa dipetik dari pelaksanaan program ‘Capacity Building Program On Enhacing The Development of SMI 2019' tersebut. Yakni, yang pertama sebagai sarana memperkenalkan potensi industri lokal yang bisa dikolaborasikan untuk mendapatkan manfaat ekonomi yang sebesar-besarnya. Kedua, meningkatkan kapasitas pengetahuan, khususnya BPIPI melalui keterlibatan dalam berbagi pengetahuan dengan pihak-pihak yang terlibat.

Ketiga, mendorong peningkatan akses pasar perdagangan serta potensi investasi Indonesia dan negara-negara selatan. “Yang juga sangat penting, kita bisa lebih banyak mengembangkan jejaring di luar negeri. Jejaring ini penting untuk pertukaran informasi dan perluasan pasar,” ungkap Heru.

Melalui kegiatan pelatihan kepada peserta dari negara-negara angota KSST, BPIPI bisa memberikan pengalaman pengetahuan bersama, khususnya dalam industri alas kaki. “Kita sharing pengetahuan kepada mereka bagaimana membuat sepatu secara sederhana dan cepat,” tandas dia.

Heru menyebutkan, dalam kerangka kerja sama triangular, khususnya kegiatan Capacity Building Program On Enhacing The Development of SMI 2019, Kemenperin melibatkan peran swasta dan berbagai mitra industri. “Hal ini merupakan bentuk komitmen yang dilandasi dengan prinsip solidaritas, kesetaraan, kolaboratif, kesempatan yang sama (mutual opportunity), saling menghargai, inklusif, komprehensif dan berkesinambungan,” kata dia.

Menurut Heru, industri alas kaki di Indonesia terbukti mampu memberikan kontribusi positif pada ekonomi nasional. “Indikasi penyerapan tenaga kerja, investasi dalam dan luar negeri, serta nilai tambah produksi, menjadi perhatian utama pemerintah Indonesia dalam mendorong industri alas kaki termasuk peluang untuk kerja sama dan investasi dengan negara-negara selatan ini,” kata dia.

Khusus untuk industri kecil menengah (IKM) alas kaki dan barang jadi kulit, secara nasional terdapat 18.657 unit usaha yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan serapan tenaga kerja 88.135 orang. Selain dengan program penumbuhan wirausaha baru, penyiapan SDM industri, dan revitalisasi sentra, BPIPI juga terus mendorong IKM alas kaki dalam negeri untuk meningkatkan kualitas dan memperluas pasar melalui inovasi dan desain yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Kita punya bank desain yang satu bulan bisa menghasilkan 2 desain pasang alas kaki, kita juga setiap tahun mengadakan lomba desain. Desain-desain itu bisa dimanfaatkan oleh industri alas kaki kita,” terang Heru.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA