Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas menata batik saat acara  Pameran Indonesia Kreatif 2015 di Jogja Expo Centre, Yogyakarta, Jumat
(9/10). Pameran yang menampilkan produk ekspor daerah serta produk kreatif UMKM kemitraan Koperasi dan
BUMN/BUMS dari berbagai daerah di Indonesia itu berlangsung hingga 13 Oktober 2015. Investor Daily/ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/nz/15.

Petugas menata batik saat acara Pameran Indonesia Kreatif 2015 di Jogja Expo Centre, Yogyakarta, Jumat (9/10). Pameran yang menampilkan produk ekspor daerah serta produk kreatif UMKM kemitraan Koperasi dan BUMN/BUMS dari berbagai daerah di Indonesia itu berlangsung hingga 13 Oktober 2015. Investor Daily/ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/nz/15.

Kemendag Berikan Pembekalan Strategi Dagang Ekspor

Eva Fitriani, Selasa, 26 Februari 2019 | 19:31 WIB

JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya memacu ekspor, salah satunya dengan memberikan pembekalan kepada pelaku usaha untuk mempromosikan produknya dalam pameran-pameran di luar negeri. Dalam lokakarya yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag dan Trade and Private Sector Assistance (TPSA) Project Kanada, di Jakarta, Selasa (26/2), Kemendag berupaya membantu para pelaku usaha, kementerian/lembaga, asosiasi pelaku usaha, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengorganisasi dan berpartisipasi di pameran internasional agar lebih maksimal.

 

“Melalui lokakarya ini diharapkan para pelaku usaha mendapat pengetahuan bagaimana memaksimalkan pameran internasional dan mengadopsi praktik-praktik terbaik dalam pameran dagang,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arlinda, Selasa (26/2).

 

Arlinda menyampaikan, pembekalan tentang bagaimana mengikuti suatu pameran dagang internasional sangat dibutuhkan. Hal ini agar pelaku usaha dan para pemangku kepentingan terkait dapat mengkaji dan memilih dengan cermat kesesuaian pameran perdagangan internasional dengan produk yang dipromosikan.

 

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan menambahkan, melalui lokakarya ini diharapkan pelaku usaha, asosiasi atau instansi yang membina kegiatan promosi dapat mengikuti pameran dagang internasional lebih tepat sasaran dan efisien. Hal ini mengingat besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti pameran internasional.

 

“Kemendag akan berupaya meningkatkan daya saing pelaku usaha Indonesia untuk mengembangkan ekspor dengan dukungan dari mitra kerja, baik dalam maupun luar negeri,” imbuh Marolop.

 

Hadir sebagai pembicara pada lokakarya ini adalah Manager Asia pada Trade Facilitation Office Canada and TPSA Project Zaki Munshi. Dalam lokakarya ini disampaikan bagaimana mengidentifikasi dan memilih pameran yang sesuai dengan kebutuhan, menyiapkan beberapa perangkat yang mendukung persiapan dalam memamerkan produk, menyusun penawaran ekspor, proses selama pameran, dan evaluasi setelah pameran. Selain itu, disampaikan juga bagaimana tindak lanjut pasca pameran dagang agar para pelaku usaha dapat mengkuti pameran internasional yang tepat sasaran.

 

Lokakarya ini diikuti sekitar 100 orang peserta yang berasal dari pelaku ekspor/calon eksportir, asosiasi, kementerian/lembaga yang membina promosi, dan perdagangan. Pada lokakarya ini, beberapa pelaku usaha binaan TPSA turut memberikan kesaksian tentang keberhasilannya dalam mengkuti pameran-pameran dagang internasional berdasarkan rekomendasi TPSA.

 

TPSA adalah proyek yang didanai Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) dan dilaksanakan oleh The Conference Board of Canada selama lima tahun. Tujuan proyek ini yaitu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui intensifikasi perdagangan dan investasi dengan mendorong perdagangan antara Indonesia dan Kanada. Selain itu, juga untuk meningkatkan peluang dan kemitraan investasi dan perdagangan yang berkelanjutan antara Indonesia dan Kanada. (epa)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA