Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kopi produksi Indonesia

Ilustrasi kopi produksi Indonesia

Konsumsi Kopi di Indonesia Naik 44%

Selasa, 15 September 2020 | 19:14 WIB
Sanya Dinda (sanya.susanti@beritasatumedia.com) ,Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Konsumsi kopi di Indonesia meningkat drastis selama satu dasawarsa terakhir. Berdasarkan data Organisasi Kopi Dunia (International Coffee Organization/ICO), tingkat konsumsi Indonesia tumbuh 44% dalam periode sepuluh tahun kopi (Oktober 2008-September 2019). Tahun kopi adalah periode 12 bulan yang terhitung mulai Oktober tahun tersebut hingga September tahun berikutnya.

“Konsumsi kopi Indonesia per kapita pada periode tahun kopi Oktober 2018-September 2019 mencapai 1,13 kg/tahun,” kata Ketua Dewan ICO periode 2019/2020 yang juga Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo dalam keterangan resminya, Selasa (15/9).

Pada periode tahun kopi September 2019, lanjut Iman, pangsa tingkat konsumsi Indonesia di antara negara produsen di kawasan Asia dan Oseania merupakan yang tertinggi, yaitu 13,5%. Sementara itu, pangsa tingkat konsumsi Indonesia di dunia pada tahun yang sama merupakan yang tertinggi ke-5, yaitu sebesar 2,9%.

Untuk mendongkrak konsumsi domestik, kata Iman, Indonesia meningkatkan kapasitas melalui pemanfaatan dana khusus dari ICO, termasuk untuk kegiatan peningkatan manajerial dan pemasaran bagi wiraswasta muda di sektor kopi (youth coffeepreneur) serta mendorong pengenalan konsumsi kopi usia dini.

“Proyek ini akan dimulai pada 2021 melalui kerja sama antarkementerian dan kolaborasi dengan pemangku sektor kopi lainnya. Di tengah berbagai tantangan sektor kopi global, peningkatan konsumsi domestik merupakan solusi terbaik saat ini untuk mewujudkan sektor kopi nasional yang berketahanan dan berkelanjutan dalam jangka panjang. Tidak saja dalam masa pandemi, namun juga di masa depan,” ungkap dia.

Iman mengatakan, Indonesia juga berhasil mendorong disepakatinya secara prinsipil Komunike Bersama untuk mencapai keberlanjutan ekonomi bagi sektor kopi global yang inklusif dan berketahanan. Komunike Bersama disepakati Dewan Kopi Internasional (International Coffee Organization/ICO), industri kopi global, dan organisasi internasional di sektor kopi dan pangan pada sidang ke-127 ICO yang diselenggarakan secara virtual pada 10-11 September 2020.

Dalam pidato pembukaan, Iman Pambagyo mengatakan, pencapaian sektor kopi yang berkelanjutan dan berdaya saing menjadi prioritas ICO. Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan kerja sama dan peran aktif antara sektor pemerintah dan sektor swasta kopi global.

Iman mengajak seluruh negara anggota ICO, yang juga merupakan bagian dari komunitas kopi global, untuk pelaksanaan tugas ICO mewujudkan sektor kopi yang berkelanjutan, inklusif, dan berketahanan. Tidak hanya untuk menjamin peningkatan konsumsi kopi global, namun juga kesejahteraan hidup dari 25 juta petani kopi di seluruh dunia.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN