Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pompa air Panasonic. Foto ilustrasi: google

Pompa air Panasonic. Foto ilustrasi: google

Panasonic Siapkan Investasi Baru, Kembangkan Industri Pompa Air

Jumat, 9 Agustus 2019 | 07:20 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Panasonic Manufacturing Indonesia menyiapkan investasi baru untuk mengembangkan industri pompa air di Indonesia yang mengadopsi industri 4.0.

“Kami akan tambah kapasitas produksi air, dengan lini baru yang sudah mengaplikasikan industry 4.0,” kata Direktur PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) Daniel Suhardiman usai perayaan produksi ke-30 pompa air Panasonic, di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Daniel seperti dilansir Antara mengatakan, lini baru itu sudah siap di pabrik Panasonic Manufacturing Indonesia yang berlokasi di jalan Raya Bogor Km 29, Jakarta.

“Jumlah investasinya nanti akan diumumkan, sekarang kita rayakan produksi pompa air ke-30 juta dulu,” kata Daniel.

Ia menambahkan, saat ini PT PMI sudah memproduksi rata-rata 2,5 juta sampai 3 juta unit pompa air per tahun.

“Sekitar 30% di antaranya diekspor, antara lain ke Vietnam, Myanmar, serta Negara lain di Timur Tengah dan Amerika Latin,” ujarnya.

Daniel menyebutkan potensi pasar domestik untuk pompa air masih bertumbuh karena masih banyak masyarakat yang kekurangan air bersih di Indonesia. Selain itu, kata dia, penetrasi pompa air di Indonesia juga masih rendah sekitar 39%.

“Permintaan pompa air terutama untuk sumur dangkal, sedang, dan sumur dalam hanya 10%,” kata Daniel yang memperkirakan pasar pompa air di Indonesia bisa mencapai lebih dari 4 juta unit per tahun.

Ia pun yakin bahwa daya saing produk pompa air di Indonesia cukup tinggi, karena tidak hanya didukung pasar domestik yang besar namun juga komponen lokalnya juga sudah cukup tinggi.

Sementara tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pompa Panasonic, tandas Daniel, sudah mencapai 60%. “Kami terus melakukan pendalaman industri dengan melibatkan IKM sebagai pemasok komponen,” pungkasnya. (gr)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN