Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Potensi Bisnis Vitamin C Masih Besar

Minggu, 11 Maret 2012 | 23:00 WIB
Antara

JAKARTA - Masyarakat Indonesia yang mengonsumsi vitamin C baru 22% dari total penduduk meski setiap tahun terjadi kenaikan.

"Dari tahun ke tahun growth-nya menunjukkan peningkatan karena secara statistik konsumsi vitamin oleh masyarakat masih kecil, yakni 22%. Jadi, potensi pasar di bisnis ini masih sangat besar," kata Head of Vitamin Division PT Kalbe Farma Tbk Johan Leo kepada wartawan di sela acara pembagian masker gratis Fatigon C-Plus di Jakarta, Minggu .

Peningkatan pertumbuhan konsumsi vitamin, khususnya vitamin C, kata Johan, seiring dengan makin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh.

"Apalagi tingkat polusi khususnya di kota besar makin meningkat, ditambah cuaca yang tidak menentu membuat banyak orang melakukan langkah antisipasi agar tidak sakit," katanya.

Peningkatan konsumsi vitamin C oleh masyarakat ini juga berdampak pada peningkatan penjualan vitamin C produksi Kalbe, yakni Fatigon C Plus. Apalagi, jenis vitamin C ini berbeda dari vitamin C lainnya, karena mengandung Pureway-C yang merupakan kombinasi antara teknologi terkini dan bahan alami (sayuran dan buah).

Kombinasi tersebut menyebabkan vitamin C ini mudah dan cepat diserap tubuh, memberikan perlindungan daya tahan yang lebih lama, serta aman karena tidak menimbulkan iritasi bagi lambung.

Produk yang diluncurkan pada 2010 ini mengalami peningkatan penjualan pada tahun 2011 sebesar 200 persen dibanding 2010. Untuk 2012 ditargetkan meningkat dengan persentase yang sama.

"Kami juga banyak melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengonsumsi vitamin C ini," ujarnya.

Saat ini, penjualan Pureway -C menduduki peringkat kedua untuk golongan vitamin C dalam bentuk tablet di indonesia.

Bagi Masker
Sementara itu, sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat, berbarengan dengan "Car Free Day" di Jakarta, dilakukan pembagian sekitar 5.000 masker secara gratis.

Sales and Marketing Director Kalbe Farma Widjanarko Loka Djaja mengatakan bahwa pembagian masker untuk masyarakat itu merupakan salah satu wujud kepedulian dari Fatigon C Plus.

"Tujuannya selain untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, sekaligus mendorong peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan daripada pengobatan. Jadi, jangan tunggu sampai sakit," katanya.

Pembagian masker itu diharapkan dapat membantu mengurangi serta menyaring virus penyakit serta polusi yang masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan. "Akan tetapi, yang paling penting adalah menjaga kondisi daya tahan tubuh dari dalam, yakni dengan mengonsumsi vitamin C," ujar dia.

Helmi Agustina Silalahi, Medical Manager Kalbe Farma, menambahkan, dengan mengonsumsi vitamin C secara teratur atau sesuai dosis, maka tubuh tetap bugar dan tidak cepat tertular.

Kebutuhan tubuh manusia terhadap vitamin C setiap hari berkisar 75-200 miligram. Selama ini, masyarakat dapat persepsi yang salah bahwa semakin banyak mengonsumsi vitamin C lebih bagus karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

"Padahal, kelebihan vitamin C berpotesi menyebabkan gagal ginjal, kerusakan lambaung, dan lainnya," katanya mengingatkan. (gor/ant)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN