Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Lightspeed

Lightspeed

17 Startup Asia Tenggara dan India Terpilih dalam Program Lightspeed Extreme Entrepreneur 3.0

Kamis, 14 Januari 2021 | 20:00 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, Investor.id - Lightspeed mengumumkan daftar 17 startup paling berpotensi untuk mengikuti program Extreme Entrepreneur (EE) 3.0 pada edisi musim dingin 2021. Ketujuh belas startup tersebut hasil seleksi lebih dari 1.200 peserta yang mendaftarkan diri berasal dari India, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

Sebanyak 17 startup peserta terbaik terdiri atas empat startup dari Asia Tenggara dan enam peserta merupakan pendiri startup perempuan. Peserta pada musim kali ini juga memiliki ragam industri yang berimbang antara B2C dan B2B dari berbagai sektor, seperti kesehatan, fintech, agritech, gaming, social, SaaS, EV, social commerce, dan content.

Partner at Lightspeed Vaibhav Agrawal
Partner at Lightspeed Vaibhav Agrawal

Startup terpilih yang berasal dari Asia Tenggara terdiri atas Bukugaji, yaitu mobile platform yang memodernisasi alur modal kerja tradisional untuk UMKM. BuzzBreak, yaitu jaringan konten yang memberikan penghargaan atas waktu dan atensi pengguna. Nano, yaitu solusi income streaming bagi B2B2C. Supermomos, yaitu startup jejaring sosial berbasis social network yang memungkinkan penggunanya berbagi pengetahuan tentang pekerjaan dan kehidupan dalam video pendek.

Sedangkan startup yang terpilih dari India, yaitu Aavaz/Enterpret, yaitu startup analitik natural language untuk membantu tim produk mempelajari feedback pelanggan skala besar. Avalon Meta, yaitu universitas online untuk belajar keterampilan teknologi digital. BharatX, yaitu penyedia teknologi Credit-as-a-Service untuk aplikasi consumer-facing yang dapat digunakan untuk Plug-and-Play fesyen. BizzTM, yaitu solusi one-stop store terdekat untuk produk kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan pribadi.

Startup lainnya yang terpilih dari India adalah Doto, yaitu aplikasi game dan kuis secara live yang ditujukan bagi new-gen di India untuk saling terhubung dan berkompetisi. Economize merupakan startup yang membantu perusahaan dalam menganalisa, mengelola, dan mengoptimasi cloud expenses. Electorq, yaitu penyedia layanan Turnkey untuk bisnis berdasarkan pergerakan barang dan orang. Evo Foods penyedia solusi alternatif makanan dengan menggunakan tanaman dan teknologi pengelolaan makanan yang ramah lingkungan, 100% menggunakan tanaman sebagai pengganti telur nabati.

Platform terpilih lainnya adalah FarMart, yaitu platform B2B agri-tech platform untuk UMKM. Fitbee, yaitu platform untuk membantu menyusun rencana kesehatan dan nutrisi untuk perempuan muda yang memiliki PCOS/PCOD dan berbagai penyakit ketidakseimbangan hormonal lainnya. Let’sDressUp, yaitu aplikasi untuk membangun Stitch Fix versi India. Vavepay, yaitu aplikasi pembayaran tanpa kontak untuk para jutawan. Sisanya OxfordCaps, yaitu platform penyedia fasilitas kos/asrama bagi mahasiswa di India dan Singapura yang dikelola secara profesional.

Partner at Lightspeed Vaibhav Agrawal mengatakan, pihaknya telah menerima lebih dari 1.200 peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti ajang tersebut. Pendaftar berasal dari India, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Indonesia, dan telah melewati seleksi yang ketat dari tim investasi Lightspeed. “Kami merasa senang dengan adanya enam pendiri startup perempuan yang terpilih. Kami yakin Lightspeed EE 2021 akan menghadirkan pelatihan yang lebih baik. Selain dijalankan 100% secara online untuk menghilangkan batasan geografis dan menjangkau peserta lebih luas, program ini menggelar one-to-one clinics untuk memberikan konsultasi berbagai bidang fungsional, seperti produk dan engineering,” terangnya melalui siaran pers diterima Investor Daily di Jakarta, Kamis (14/1).

Dia mengatakan, Lightspeed EE akan menghadirkan para pemimpin teknologi global ternama, seperti Tony Fadell (inventor IPod, Co-inventor iPhone, dan Founder Nest yang diakuisisi oleh Google), Ming Maa (President Grab), Ryan Roslansky (CEO LinkedIn) dan Balaji Srinivasan (ex-CTO Coinbase). Program ini juga akan menghadirkan para mentor yang akan membantu para peserta mengasah potensi terbaik mereka, diantaranya ada para pemimpi startup dari India, seperti Ashwini Asokan (Founder & CEO, Vue.ai), Byju Raveendran (Founder, Byju’s), Sujeet Kumar (Co-Founder, Udaan and ex-President, Flipkart), Rajesh Yabaji (Co-Founder & CEO, Blackbuck), Abhiraj Bhal (Co-Founder & CEO, Urban Company) and Abhinav Shashank (Co-Founder & CEO, InnovAccer).

Lightspeed EE merupakan program pelatihan intensif yang dirancang untuk menginspirasi para pendiri startup muda potensial, termasuk bagi mereka yang tergolong outsider dari ekosistem startup. Program ini diluncurkan pertama kali tahun 2018 dengan misi “bring outsiders in”, kepesertaan program Lightspeed EE tidak dikenakan biaya dan tanpa syarat modal. Satu-satunya kriteria seleksi adalah besarnya manfaat yang dapat diperoleh para pendiri dan sejauh mana mereka dapat menciptakan peluang baru dari program ini.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN