Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Founder dan Chief Executive Officer SIRCLO Brian Marshal

Founder dan Chief Executive Officer SIRCLO Brian Marshal

2020, Nilai Transaksi SIRCLO Capai Rp 1 Triliun

Kamis, 7 Januari 2021 | 10:26 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - SIRCLO, perusahaan e-commerce enabler mengumumkan pencapaian Gross Merchandise Value (GMV) atau transaksi perusahaan mencapai lebih dari Rp1 triliun selama 2020.  Hal itu, terjadi karena adanya wabah pandemi Covid-19 turut mengakselerasi pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia. Diperkirakan  mencapai sebesar 91% (dari tahun ke tahun) dan mencatat 12 juta pengguna baru.

Founder dan Chief Executive Officer SIRCLO Brian Marshal mengatakan,  hingga kini, berkat inovasi, diversifikasi solusi-solusi teknologi, serta kualitas layanan yang terus ditingkatkan, SIRCLO telah membantu ribuan UMKM khususnya dari sektor kreatif dan ratusan brand ternama berskala menengah hingga besar.

SIRCLO juga, kata dia, membantu klien di tiga kanal utama industri e-commerce di Indonesia, yakni, brand.com (pembuatan toko online independen), marketplace (seperti Tokopedia dan Shopee), serta chat commerce (WhatsApp Business).

“Sebagai perusahaan yang bergerak di jantung industri, menghubungkan brand dengan konsumen dan platform e-commerce, SIRCLO melakukan beberapa inisiatif untuk memperkuat layanannya dalam memenuhi permintaan yang meningkat dari kedua sisi,” kata Brian melalui siaran pers, Kamis (7/1).

Menurut Brian, beberapa inisiatif yang dilakukan selama 2020, yaitu,  pertama, pada awal tahun 2020, SIRCLO meluncurkan SIRCLO Chat dalam menanggapi tren jual-beli di WhatsApp (chat commerce) yang meningkat cepat.

Solusi ini memungkinkan penjual untuk mengintegrasikan dan menampilkan katalog produk dalam chat room WhatsApp, sehingga konsumen dapat melakukan pembelian langsung tanpa perlu keluar aplikasi.

Selanjutnya, pada bulan Juni 2020, SIRCLO mengumumkan merger dengan ICUBE, agensi solusi teknologi e-commerce yang merupakan Magento Premier Solutions Partner. Merger ini bertujuan untuk menyatukan kekuatan dari kedua belah pihak, agar dapat membantu lebih banyak UMKM dan brand berskala menengah hingga besar yang membutuhkan transformasi digital efektif serta efisien di ranah e-commerce.

Lalu, pada bulan Agustus 2020, sebulan setelah perayaan ulang tahun ke-7, SIRCLO mengumumkan pencapaian pendanaan seri-B sejumlah US$ 6 juta (sekitar Rp88 miliar). Suntikan dana ini digunakan untuk terus memperkuat infrastruktur internal agar SIRCLO dapat mengakomodasi pelaku bisnis yang semakin banyak terjun ke ranah e-commerce.

Optimistis

Sementara itu, pada tahun ini, proyeksi ekonomi maupun perkembangan positif terkait pandemi ini mengangkat optimisme di sektor bisnis. Adanya vaksin dan pemberlakuan protokol kesehatan yang luas menjadi dua kunci utama untuk memfasilitasi pemulihan ekonomi secara bertahap.

Menyambut kabar baik ini, SIRCLO menekankan pentingnya memperkokoh strategi atau pendekatan omnichannel bagi brand yang hendak menjangkau konsumen dengan cakupan yang lebih luas lagi.

Marshal mengungkapkan, kebiasaan berbelanja online memang meningkat selama pandemi, dan sebagian besar akan bertahan seperti itu, namun konsumen pada dasarnya senang akan pilihan. Dengan harapan bahwa situasi pandemi akan mereda setelah vaksin didistribusikan di Indonesia,  pihaknya melihat bahwa metode berbelanja offline akan kembali menggeliat, karena konsumen merindukan pengalaman fisik sebagai sarana refreshing di luar rumah.

“Ini menjadi momen krusial bagi brand untuk menghadirkan pengalaman omnichannel terbaik bagi konsumen, bukan hanya dengan hadir secara online dan offline, tapi lebih jauh lagi dengan mengintegrasikan aset online dan offline yang dimiliki sehingga konsumen mendapatkan pengalaman yang seamless,” ungkap Brian.

Solusi omnichannel yang ditawarkan oleh SIRCLO memungkinkan pelaku bisnis untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang seamless bagi konsumen. Misalnya saja, pelaku bisnis bisa memenuhi pesanan konsumen dengan mengambil stok dari toko fisik terdekat, sehingga memperpendek rantai distribusi. Konsumen juga diperkenalkan dengan konsep Belanja online, ambil barang di toko, Belanja online, pesanan dikirim dari toko” ataupun Pengembalian barang ke toko.

Konsep-konsep baru ini membuat konsumen lebih nyaman, karena mereka bisa mencari produk dan membandingkan spesifikasi secara online, lalu melihat produk secara langsung di toko fisik terdekat.

Pada 2021 ini, SIRCLO menargetkan untuk mengalami peningkatan bisnis setidaknya 2 hingga 3 kali lipat dibandingkan tahun 2020. Perusahaan yang telah memiliki lebih dari 600 karyawan ini terus memperkuat timnya dengan aktif melakukan perekrutan, bahkan di tengah pandemi.

Sejak memberlakukan sistem Work From Home (WFH) di awal pandemi, SIRCLO telah mengadakan serangkaian aktivitas virtual baik untuk mendukung kinerja tim dalam perusahaan, maupun pelatihan berbasis webinar yang bertujuan mendongkrak komunitas bisnis yang terdampak oleh situasi pandemi.

Salah satu seri webinar yang telah dijalankan adalah program pelatihan SIRCLO Academy, yang ditujukan kepada para mahasiswa maupun komunitas entrepreneur yang beraspirasi untuk sukses berjualan online.

“Sebagai e-commerce enabler terdepan di Indonesia, SIRCLO ingin terus memberikan layanan dan solusi terbaik bagi brand untuk mengembangkan bisnis secara online. Di tahun 2021, kami akan terus menjalin kerjasama strategis dengan berbagai mitra, seperti Google Cloud Platform untuk memperkuat infrastruktur teknologi, ataupun partner-partner logistik untuk memperkuat jaringan distribusi kami,” pungkas Brian.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN