Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pendiri Ruangguru Iman Usman (kiri) dan Belva Devara (kanan). (IST)

Pendiri Ruangguru Iman Usman (kiri) dan Belva Devara (kanan). (IST)

2020, Ruangguru Layani 22 Juta Pengguna

Rabu, 6 Januari 2021 | 20:20 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Hingga Desember 2020, Ruangguru telah melayani lebih dari 22 juta pengguna di seluruh wilayah Indonesia. Angka ini meningkat 7 juta pengguna, atau setara dengan 46% dibandingkan dengan data per akhir Desember 2019.

Setelah pemerintah mengumumkan pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Maret 2020, Ruangguru langsung menghadirkan berbagai inisiatif produk, layanan, inovasi baru, dan program sosial untuk mendukung 68 juta siswa dan 4 juta guru yang melaksanakan PJJ.

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara mengatakan, 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan. Karena itu, Ruangguru  proaktif dan responsif menghadirkan berbagai inisiatif dan inovasi, tidak terkecuali bagi guru dan siswa yang tinggal di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

“Kami ingin berkontribusi untuk berupaya agar tidak ada pihak yang tertinggal dalam kegiatan belajar-mengajar,” tutur Belva, dalam keterangannya, Rabu (6/1).

Sebagai bentuk kepedulian untuk meringankan beban para pihak yang terdampak pandemi Covid-19, lanjut dia, Ruangguru pun melaksanakan berbagai inisiatif sosial, antara lain meluncurkan Sekolah Online Ruangguru Gratis yang telah dimanfaatkan oleh lebih dari 10 juta siswa dari Sabang sampai Merauke.

Kemudian, pemberian akses kuota internet gratis selama mengakses layanan Ruangguru bekerja sama dengan penyedia layanan telekomunikasi dan membuka 250 modul pelatihan yang telah diakses oleh lebih dari 200.000 guru.

Ruangguru juga mempersembahkan puluhan ribu beasiswa belajar kepada anak-anak tenaga medis, anak kurang mampu di daerah 3T, dan anak yatim piatu di ratusan panti asuhan di 34 provinsi.

Selanjutnya, Ruangguru memberikan akses Kelas Gratis Skill Academy kepada 300.000 individu untuk peningkatan kompetensi kerja dan mendonasikan seluruh pemasukan sebagai mitra resmi platform digital Kartu Prakerja untuk penanganan pandemi Covid-19.

Selain itu, ada peluncuran program Bimbingan Karier guna membantu 100.000 orang yang harus kehilangan pekerjaan di masa pandemi dan meluncurkan platform nonprofit ruangpeduli.org untuk menyalurkan bantuan pendidikan.

“Fungsi dan keberadaan produk, layanan, serta inovasi Ruangguru semakin relevan di tengah pandemi untuk sektor pendidikan mengingat para siswa, guru, dan pelaku pendidikan lainnya dituntut untuk belajar dari rumah,” ujarnya.

Pemanfaatan teknologi pendidikan Ruangguru telah disambut positif oleh jutaan siswa dan guru, sehingga memperoleh peringkat pertama sebagai aplikasi edtech di Indonesia yang paling dikenal dan sering digunakan oleh masyarakat.

“Ke depan, kami akan terus berinovasi untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar di tahun 2021 dan masa mendatang,” tambah Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru Iman Usman.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN