Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi belajar dari rumah. (Foto: greenqueen.com.hk)

Ilustrasi belajar dari rumah. (Foto: greenqueen.com.hk)

Walau Terkendala Kelangkaan, Pasar PC Indonesia Dapat Tumbuh 50%

Selasa, 14 September 2021 | 16:08 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Data terbaru yang dirilis IDC menyebutkan bahwa pasar PC (desktop, notebook, workstation) Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 50% year-on-year (yoy), dengan total 2.06 juta unit yang masuk di Indonesia pada enam bulan pertama 2021.

Ada pun notebook tetap menjadi produk pendorong pertumbuhan pasar PC untuk segmen konsumer dan komersial, dengan pangsa pasar sebesar 85% dari keseluruhan PC untuk pertumbuhan tahunan yang mengesankan sebesar 78% di semester pertama 2021.

Disampaikan dalam siaran pers, bahwa pengiriman PC pada semester pertama 2021 sangat rendah karena adanya pandemi Covid-19. Meskipun pasar PC diperkirakan melambat, jumlah permintaan ternyata lebih tinggi dan hal ini mengejutkan para pemain PC.

Selain itu, adanya gangguan terhadap logistik serta penutupan pabrik di Tiongkok turut menyebabkan sedikitnya pengiriman PC yang masuk ke Indonesia pada awal 2020.

Keseluruhan pasokan barang di semester pertama 2021 sudah menunjukan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu, tetapi masalah pasokan masih terus ada sehingga PC vendor tidak dapat memenuhi semua permintaan yang datang dari segmen konsumer dan komersial. Bahkan, saat ini PC vendor susah untuk memperkirakan jumlah dan tanggal kedatangan barang dikarenakan pengiriman yang tidak konsisten, menyebabkan beberapa pesanan datang pada akhir kuartal dan mengakibatkan barang terbawa ke kuartal berikutnya.

Menurut Senior Market Analyst IDC Indonesia, Stallone Hangewa, dengan penyebaran virus yang masih diluar kendali maka cara kerja yang menggabungkan antara bekerja dari rumah dan dari kantor akan terus diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, dan hal ini akan mendorong tingginya permintaan terhadap perangkat portabel.

“Di sektor publik, sebagian besar permintaan terhadap PC datang dari perangkat Chromebook yang akan digunakan untuk pengadaan komputer di bidang pendidikan mengikuti keputusan pemerintah untuk mengalihkan pembelian komputer ke perangkat yang menggunakan Chrome OS sebagai sistem operasinya. Pengiriman desktop dan notebook untuk pasar konsumer kembali bertumbuh masing-masing sebesar 22% dan 28% selama semester pertama 2021. Dikarenakan sekolah masih terus menerapkan pembelajaran jarak jauh, notebook masih menjadi perangkat pilihan karena penggunaan webcam sangat esensial selama proses belajar-mengajar,” demikian penjelasan Stallone.

Terkait dengan semester dua 2021, Stallone menambahkan bahwa peluang untuk pasar PC di Indonesia masih terbuka lebar, tetapi ketersediaan barang masih menjadi tanda tanya bagi semua PC vendor dan hal ini bisa berpotensi menyebabkan kehilangan kesempatan akan peluang tersebut.

“Menyusul pengunguman terbaru dari pemerintah terkait pembelian perangkat di bidang pendidikan untuk sekolah negeri, di mana produk yang dibeli harus memiliki 40% total Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) maka merek lokal diharapkan dapat berkontribusi lebih banyak pada pasar PC Indonesia secara keseluruhan. Di segmen konsumer,
pembelian secara online diprediksi bertumbuh dikarenakan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat sejak awal Kuartal III. Kuatnya permintaan terhadap notebook diprediksi terus berlanjut, walaupun kelas tatap muka sudah mulai diperkenalkan kembali oleh sekolah-sekolah di beberapa kota,” katanya.

Berikut “Top 5 Company Highlights” selama semester pertama 2021:

  1. ASUS bertahan diposisi teratas pada semester pertama 2021 dengan total pangsa pasar sebesar 25%. Performa ASUS sangat baik di segmen konsumen dan komersial. Segmen komersial ASUS menunjukan pertumbungan yang sangat mengesankan dengan mencatatkan pertumbuhan sebesar 1,141%, hal ini didorong oleh perangkat Chromebook untuk proyek pengadaan di bidang pendidikan.
  2. Acer Group naik ke posisi kedua dari posisi keempat pada semester pertama 2021. Pemenuhan permintaan akan Chromebook di bidang pendidikan berkontribusi terhadap kinerja baik untuk segmen komersial. Segmen konsumer juga berjalan dengan baik walaupun masih mengalami kendala akan pasokan.
  3. Lenovo turun ke peringkat ketiga pada semester pertama 2021. Walaupun kehilangan tempat kedua, pengiriman PC Lenovo secara keseluruhan bertumbuh sebesar 32% yoy. Berbeda dengan PC vendor lainnya, Lenovo tidak memasukan perangkat Chromebook di semester pertama 2021.
  4. HP Inc. berada di peringkat keempat dengan pangsa pasar sebesar 14% pada semester pertama 2021 dengan pertumbuhan sebesar 2% yoy. Walaupun masih terus mengalami permasalahan akan ketersediaan pasokan, HP juga ikut berpartisipasi dalam proyek pengadaan perangkat Chromebook di bidang pendidikan di mana hal ini membantu meningkatkan performa bisnis komersialnya.
  5. Dell Technologies tetap di posisi kelima dengan pangsa pasar sebesar 9% di semester pertama 2021. Segmen konsumer Dell turun sebesar 4% yoy dikarenakan masalah kekurangan pasokan yang masih terus berlangsung. Berbeda dengan segmen konsumer, segmen komersial Dell memiliki performa yang sangat baik dengan pertumbuhan sebesar 125% yoy berkat pengiriman Chromebook untuk proyek pengadaan di bidang pendidikan.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN