Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
YouTube. (IST)

YouTube. (IST)

Lebih dari 100 Juta Orang RI Tonton YouTube Setiap Bulan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:03 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Lebih dari 100 juta penonton unik berusia di atas 18 tahun di Indonesia menonton video di YouTube, platform berbagi video, setiap bulan pada 2021, berdasarkan survei yang dilakukan oleh ComScore VMX. Jumlah ini naik 30% dari tahun lalu.

Sebagian besar pertumbuhan tersebut datang dari kota-kota di tingkat kedua dan ketiga di Tanah Air dengan waktu tonton mencapai 4,3 jam per hari. Pencapaian ini dimumumkan pada acara Brandcast Delivered tahun ini, yang merupakan acara marketing tahunan dari YouTube.

Survei ComScore VMX menyebutkan, di Indonesia, dari Q1 2020 hingga Q1 2021, waktu menonton video drama, keuangan, dan perawatan kulit di YouTube secara keseluruhan naik lebih dari dua kali lipat.

Video makanan ditonton naik 40% dalam periode satu tahun yang sama, video tentang gim RPG naik 70%, dan waktu tonton untuk video perawatan kulit pria naik dua kali lipat dalam periode satu tahun yang sama.

“YouTube adalah platform yang bagus untuk belajar. Kenaikan waktu tonton hingga 100% untuk video terkait keuangan menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk mempelajari kemampuan baru selama pandemi,” ucap Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, dalam konferensi virtual, Kamis (14/10).

Menurut dia, studi yang dilakukan pada Juni 2021 menyoroti hal tersebut dan menunjukkan bahwa ada semakin banyak Gen-Z yang semakin melek dengan literasi keuangan, seperti belajar investasi dan pengelolaan keuangan.

Dalam acara tersebut, YouTube juga menyampaikan keberhasilannya dalam meraih pencapaian baru untuk para kreator. Kini, ada 1.000 channel di Indonesia dengan jumlah pelanggan (subscriber) lebih dari satu juta.

Selanjutnya, ada 25 kreator Indonesia yang telah mendapatkan Diamond Play Button karena berhasil melampaui 10 juta subscriber. Semua kreator konten membuat video dalam berbagai format, mulai dari YouTube Shorts hingga video berdurasi panjang dan live streaming.

“Banyaknya format iklan yang tersedia di YouTube memungkinkan brand untuk mendorong tindakan dan memungkinkan kreator konten untuk menjangkau audiens baru yang lebih luas,” tutur Head of Ads Marketing di Google Indonesia Yolanda Sastra.

Dengan format iklan Video Actions Campaigns yang baru-baru ini diluncurkan, iklan kini dapat ditampilkan di lebih banyak tempat daripada sebelumnya, termasuk di halaman beranda YouTube dan di halaman partner video Google.

Format iklan baru lainnya, yaitu Performance Max Beta yang merupakan kampanye iklan all-in-one. Iklan ini sangat memudahkan brand untuk mencapai tujuan bisnisnya melalui kekuatan machine learning dengan menampilkan format iklan berbeda di berbagai platform, seperti video, search, discovery, dan display.

Awards

Sementara itu, bekerja sama dengan Kantar dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), YouTube Works Awards yang diadakan pertama kali di Indonesia dan menerima kiriman lebih dari 400 video. Lima brand berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam tujuh kategori.

Pemenang YouTube Works Award 2021 terdiri atas kategori Grand Prix untuk iklan ‘Telkomsel Kuota Ketengan’, kategori Force for Good untuk iklan ‘Rexona Unlimited Moves’, dan Best Collaboration: Brand & YouTube Creators untuk iklan ‘Grab Siap Antar Ramadan’.

Selanjutnya, kategori Best Creative Effectiveness dimenangi iklan ‘Telkomsel Kuota Ketengan’, The Unskippable untuk iklan ‘Save 20 by Nyala OCBC NISP’, kategori Best Creative Personalization untuk ‘Pond’s Men White Boost’, dan Best Media Orchestration untuk iklan ‘Save 20 by Nyala OCBC NISP’.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN