Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi aplikasi absensi online memiliki sejumlah manfaat di tengah pandemi Covid-19.

Ilustrasi aplikasi absensi online memiliki sejumlah manfaat di tengah pandemi Covid-19.

Perhatikan Beberapa Fitur saat Memilih Aplikasi Absen Online

Kamis, 23 Juni 2022 | 05:07 WIB
F Rio Winto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Ada beberapa fitur yang perlu diperhatikan ketika memilih aplikasi absen online. Sebab, pencatatan absensi adalah salah satu tugas harian terpenting dari setiap perusahaan. Sistem absensi yang lengkap dapat mendukung fungsi perencanaan standar dan fungsi lanjutan seperti pelaporan.

“Sistem absensi kita pernah manual dan memakan waktu berhari-hari dalam proses payroll, karena lokasi kita yang berada di seluruh Indonesia. Sekarang semuanya terekap otomatis dan terpantau real-time dari kantor pusat,” kata Marysha Djafar, Human Resources and General Affair Senior Manager Lion Parcel di Jakarta, Rabu 22 Juni 2022.

Aplikasi absen online adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh perusahaan, kantor, atau organisasi untuk mendata sekaligus mengatur absensi karyawan. Selain itu, aplikasi absen online juga menyediakan fitur lain seperti pencatatan cuti, izin, lembur, dan fitur penting lainnya.

Pihak Human Resource Department (HRD) akan terbantu dengan adanya aplikasi absen online. Namun, ada beberapa fitur yang perlu diperhatikan ketika memilih aplikasi absen online. Pertama, memperhatikan fitur manajemen waktu. Fitur manajemen waktu dalam aplikasi absen online umumnya mencakup pelacakan waktu, entri waktu proyek, pelacakan lembur, aturan pembulatan dan pengecualian, dan posisi GPS.

Kedua, perlu ada fitur manajemen waktu, terutama mencakup input/output jam, data biometrik, dan pelacakan kehadiran. Ketiga, pentingnya fitur manajemen absen dan cuti secara lengkap mencakup permintaan cuti, permintaan PTO, dasbor, permintaan otorisasi, manajemen liburan online, follow-up liburan, konsekuensi pelanggaran cuti, dan jadwal liburan.

Keempat, keunggulan user friendly pada aplikasi absen online biasanya difasilitasi oleh fungsi bimbingan karyawan dan manajemen personalia. Basis data menangkap informasi karyawan di satu tempat, sementara fitur seluler dan layanan mandiri mempromosikan aksesibilitas. Tujuan dari fungsi-fungsi ini adalah untuk membuat informasi pencatatan waktu mudah terlihat oleh semua staf perusahaan. Fungsi manajemen personalia antara lain mencakup database karyawan, akses seluler, berkas karyawan, dan pencatatan.

Kelima, pihak perusahaan atau atasan dapat memanfaatkan aplikasi absen online untuk membuat jadwal, merencanakan penempatan staf, menyusun kelompok karyawan dan menjadwalkan pesan peringatan.

Keenam, penjadwalan menggunakan perangkat lunak absen online terbukti dapat menyederhanakan proses menggunakan fungsi kolaboratif. Untuk perusahaan, perangkat lunak absen online dapat mengotomatiskan penjadwalan berdasarkan preferensi shift dan parameter lainnya. Untuk karyawan, perangkat lunak absen online berfungsi sebagai titik pusat untuk melihat jadwal, membuat permintaan, dan diberitahu tentang perubahan.

Ketujuh, menjalin komunikasi dengan karyawan. Sebuah sistem absen online yang komprehensif menyediakan fitur yang membantu karyawan tetap up to date dan tetap berhubungan dengan rekan kerja dan manajemen mereka. Fitur-fitur ini dapat mencakup sesuatu seperti pesan instan dan peringatan bawaan atau kemampuan komunikasi tingkat lanjut seperti pesan singkat, manajemen kinerja, dan peringatan.

Kedelapan, fitur manajemen dokumen. Fungsi manajemen dokumen memfasilitasi pertukaran informasi dan komunikasi antardepartemen.  Kesembilan, integrasi. Sistem absen online dapat diintegrasikan dengan solusi manajemen personalia lainnya seperti manajemen sumber daya manusia, akuntansi, dan perangkat lunak penggajian, dan dengan perangkat sumber daya non-personil seperti sistem manajemen stok produk. Integrasi dalam aplikasi absen online meliputi Integrasi ERP, integrasi HCM, Integrasi perangkat lunak akuntansi, integrasi perangkat lunak akuntansi penggajian dan API Data.

Kesembilan, Business Intelligence dan pelaporan. Business intelligence terintegrasi ke dalam solusi absen online menyediakan platform untuk menilai kinerja bisnis dari waktu ke waktu. Fitur dalam aplikasi absen online ini dapat mengumpulkan data kehadiran karyawan, menganalisis hasil, dan menghasilkan laporan.

Editor : F Rio Winto (rio_winto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN