Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
QWords. (Foto ilustrasi: Perseroan)

QWords. (Foto ilustrasi: Perseroan)

Qwords Jadi Registrar Nama Domain Terakreditasi ICANN

Selasa, 2 Agustus 2022 | 22:32 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Qwords Company International melalui anak perusahaannya, PT Aksara Data Digital, telah menyelesaikan akreditasi perusahaan yang dilakukan oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), lembaga nonprofit dari Amerika Serikat yang bertanggung jawab untuk menerbitkan serta mengatur tatanan nama domain di internet guna menjamin pengoperasian jaringan lebih stabil dan aman.

Qwords Group melalui PT Aksara Data Digital melakukan proses audit menyeluruh mulai dari sistem operasional, termasuk juga dengan business continuity plan yang telah teruji baik itu secara desain dan implementasi, dan saat terjadi bencana tidak terduga. Proses akreditasi ini dimulai dari penyesuaian sistem operasi Internal, software, dan audit keamanan.

Baca juga: MRIN dan BRIN Teliti Asal-usul Leluhur Indonesia

PT Aksara Data Digital mendapatkan nomor keanggotaan IANA Nomor 4029 (Internet Assigned Numbers Authority) sebuah lembaga Internasional berbasiskan di Amerika yang mengatur penomoran alamat internet, dan menjadi registrar nama domain terakreditasi ICANN paling muda, dan menjadi perusahaan Indonesia ke-5 yang terdaftar di akreditasi ICANN.

Dengan terdaftarnya PT Aksara Data Digital, anak perusahaan dari PT Qwords Company International sebagai registar terakreditasi dari ICANN, akan membuat pelayanan pendaftaran nama domain internasional di Indonesia semakin mudah.

PT Aksara Data Digital menyediakan platform pendaftaran nama domain yang memungkinkan pengguna menyelenggarakan sistem multi level reseller dan whitelabel. Semua pendaftaran nama domain dapat dilakukan instan oleh pengguna kapan saja secara otomatis dengan sistem deposit.

Pengguna dapat melakukan pembayaran deposit dengan menggunakan metoda bayar yang cukup banyak mulai dari QRIS, virtual account, transfer antarbank, kartu kredit.

Direktur Utama Qwords Group Rendy Maulana Akbar sekaligus salah satu pengelola PT Aksara Data Digital mengatakan, bahwa peluang untuk pendaftaran nama domain internasional di Indonesia masih memiliki market yang cukup besar dan terus tumbuh sekitar 25% setiap tahunnya.

“Kesemua pendaftaran nama domain internasional di Indonesia masih didominasi oleh registrar asing, diluar dari 5 registrar lokal yang ada di Indonesia. Dengan diberikan lisensi terakreditasi ICANN kepada PT Aksara Data Digital, harapannya dapat membuat pengguna di Indonesia semakin mudah mendaftarkan nama domain Internasional dan Indonesia, karena PT Aksara Data Digital juga merupakan registrar terakreditasi PANDI,” kata Rendy dalam keterangan resmi, Selasa (2/8/2022).

Pengamat tata kelola internet, Sigit Widodo, menyambut baik keberhasilan Qwords sebagai perusahaan Indonesia kelima yang berhasil meraih akreditasi dari ICANN. "Ini menunjukkan semakin banyak perusahaan Indonesia yang memiliki standar internasional dalam pendaftaran dan pengelolaan nama domain internet,” ujarnya.

Baca juga: Kemenkominfo Blokir 15 PSE Game Online yang Punya Unsur Perjudian

Menurut Sigit, keberhasilan Qwords menjadi registrar terakreditasi ICANN menunjukkan perusahaan ini memiliki kualitas dan profesionalitas bertaraf internasional. "Ini tentunya dirasakan dan sangat berguna bagi para pelanggan Qwords," tuturnya.

Pendapat serupa disuarakan Pandu Sastrowardoyo, praktisi blockchain di Indonesia. 

"Pada era makin populernya web3 dan blockchain ini, kredibilitas jadi poin paling penting. Salah satunya kita harus punya standar layanan yang sama atau bahkan lebih dibanding layanan luar negeri. Registrar lokal salah satu yang bisa melakukan ini melalui akreditasi ICANN. Yang lain harus mengikuti terobosan Qwords ini," ungkap Pandu Sastrowardoyo yang juga CoFounder Asosiasi Blockchain Indonesia.

Langkah-langkah seperti akreditasi ini juga membuat Indonesia mampu ikut bersuara di dunia internasional.

Sigit mengatakan, sebagai registrar terakreditasi ICANN, Qwords sekarang memiliki hak untuk masuk ke dalam Registrars Stakeholder Group dalam Generic Name Supporting Organization (GNSO) ICANN. "Bersama registrar-registrar terakreditasi lainnya dari Indonesia, Qwords dapat bersuara dan menyampaikan pandangan-pandangan Indonesia terkait tata kelola internet, khususnya terkait nama domain internet," ungkap Sigit.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN