Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Semuel Abrijani Pangerapan

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Semuel Abrijani Pangerapan

Kemenkominfo Buka Akses Blokir Origin

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:43 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan pencabutan pemblokiran terhadap situs Origin.com dan sudah bisa diakses kembali mulai Rabu (3/8/2022), pukul 14.00 WIB. Pemblokiran diakhiri karena Electronic Ars, penyelanggara penyelenggara sistem elektronik (PSE)-nya, sudah mendaftarkan Kemenkominfo.

"Menyampaikan bahwa PSE Electronic Ars telah mendaftarkan sistem elektronik Origin.com," ungkap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, dalam pernyataannya, Kamis (5/8/2022).

Baca juga: Kemenkominfo Blokir 15 PSE Game Online yang Punya Unsur Perjudian

Origin masuk ke daftar PSE yang aksesnya bisa dibuka kembali setelah mendaftarkan sebagai PSE yang beroperasi di Indonesia. Sebelumnya, Kemenominfo juga sudah lebih dulu membuka blokir atas Paypal, Yahoo search engine, Steam, Dota, dan Counter-Strike (CS) GO.

Semua platform/aplikasi dan situs tersebut sempat diblokir karena belum mendaftar sebagai PSE lingkup privat di Indonesia. “Paypal, Steam, CS Go, Dota, dan Steam telah dibuka aksesnya,” tutur Semmy, panggilan Semuel Abrijani Pangerapan.

Menurut dia, Paypal telah dibuka akesenya sejak Minggu (31/7/2022), pukul 08.00 WIB. Kemudian, platform gim Steam, Counter Strike GO, dan Dota yang sama-sama besutan PSE Valve Corp juga telah dilakukan normalisasi sejak Selasa (2/8/2022), pukul 08.30 WIB.

Baca juga: Menkominfo Sarankan Masyarakat Gunakan PSE yang Terdaftar

Begitu juga, Yahoo search engine telah dilakukan normalisasi pada hari dan jam yang sama, yakni Selasa (2/8/2022), pukul 08.30 WIB, seperti dilakukan terhadap Steam, Counter Strike GO, dan Dota.

“Dengan demikian, masyarakat di Tanah Air kini sudah dapat mengakses ketiga platform dari grup PSE tersebut di atas," ungkap Semmy.

Sementara itu, satu platform lainnya, yakni  Epic Games masih belum ada kabarnya hingga Kamis. Sebelumnya, dia menyampaikan bahwa Epic Games belum dibuka blokirnya karena belum ada respons setelah diajak berkomunikasi oleh Kemenkominfo.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN