Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kolaborasi startup Aruna dan siswa MIT (Foto: Dok.PR)

Kolaborasi startup Aruna dan siswa MIT (Foto: Dok.PR)

Melalui G-Lab, Startup Aruna Bantu Siswa MIT Kembangkan Diagnostik Analitis ESG

Selasa, 17 Jan 2023 | 16:31 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id- Aruna, startup integrated fisheries commerce dan supply chain aggregator di Indonesia, menjalin kolaborasi dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Sloan School of Management Global Enterpreneurship Lab Program (G-Lab). Kemitraan ini direalisasikan dalam bentuk program magang bagi mahasiswa Master of Business Administration (MBA) semester final di MIT.

Tujuan dari kolaborasi adalah melakukan analisis komparatif terhadap konsep dan implementasi ESG (Environmental, Social, dan Governance) di industri perikanan. Semula dilakukan secara virtual, mahasiswa MIT yang terdiri dari Aneesh Kanakamedala, Anna Eckhoff, Dragana Marinkovic, dan Genvevieve Rogers, pun telah tiba di kantor pusat Aruna di Jakarta untuk memulai program mereka pada 16 Januari 2023 ini.

Baca juga: Selama 2022, eMerge Invetasikan US$ 2 Juta untuk Startup di Indonesia

Utari Octavianty, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, mengatakan, Aruna ingin terus memberikan dampak pragmatis dan positif dengan menjalin kemitraan dengan orang-orang lintas disiplin ilmu, sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan visi-misi perusahaan.

Advertisement

“Oleh karena itu, Aruna mengajak para mahasiswa MIT ini untuk bekerja sama, yang nantinya akan menghasilkan dua output utama, yaitu metrik keberlanjutan dan kerangka kerja serta implementasi ESG Aruna. Kami memiliki Aruna Hub di seluruh Indonesia, jadi ini juga bisa menjadi semacam simulasi nyata bagi mereka untuk membangun sesuatu yang lebih besar di waktu mendatang,” kata Utari dalam keterangan persnya, Selasa (17/1/2022).

MIT G-Lab menerapkan pembelajaran dengan basis pendekatan interdisipliner yang bertujuan untuk memberikan wawasan tentang peluang dan tantangan yang biasa dihadapi oleh wirausahawan di pasar negara berkembang.

“Kemitraan ini diharapkan dapat mempertajam kemampuan analitis para mahasiswa dalam mamadukan teori dengan praktik di dunia industri, sehingga variabel non-ekonomi lain, seperti lingkungan, sosial, dan budaya, pun dapat dipahami,” tambah Utari.

Selain analisis komparatif terhadap konsep dan implementasi ESG di industri perikanan, ruang lingkup pekerjaan para mahasiswa juga meliputi analisis Sustainable Development Goals (SDG) dan pilar ESG yang paling sesuai untuk Aruna, serta penilaian terhadap pencapaian pilar ESG yang telah diterapkan di Aruna.

Ruang lingkup pekerjaan dilaksanakan dengan melakukan beberapa Forum Group Discussion (FGD) dengan tim internal Aruna, mengunjungi Aruna Hubs di Balikpapan, Kalimantan Timur serta melakukan review mingguan dan bulanan, sebelum menyampaikan laporan akhir.

Baca juga: Greens, Startup Bidang Agritech Luncurkan Pusat Pertanian Multidimensi

Michellana Jester, Managing Director G-Lab menuturkan, G-Lab telah berdiri sejak tahun 2000 lalu. Tantangan yang biasanya dihadapi oleh para wirausahawan adalah apa yang menjadi fokus utama G-Lab.

Seiring dengan perkembangan G-Lab, tim mahasiswa telah memberikan beragam insight kepada banyak perusahaan yang sedang berkembang di seluruh dunia.

“Mereka berfokus pada tantangan yang bisnis hadapi dan membantu perusahaan di berbagai bidang yang krusial, termasuk di bidang perikanan dan ekosistem keberlanjutan, sosial, juga budaya. Kami ingin membantu Aruna untuk meningkatkan skala bisnisnya, sehingga akan ada lebih banyak dampak ekonomi dan sosial yang ditelurkan dalam waktu dekat ini. Begitulah cara kami memperkuat apa yang telah diprakarsai Aruna sejak awal,” tegas Jester.

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com