Menu
Sign in
@ Contact
Search
 Ery Punta, Deputy EVP PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (Telkom) dalam acara Indonesia Metaverse Show 2023 di Jakarta, Rabu (18/1/2023). (Foto: Tangkapan layar)

Ery Punta, Deputy EVP PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (Telkom) dalam acara Indonesia Metaverse Show 2023 di Jakarta, Rabu (18/1/2023). (Foto: Tangkapan layar)

Telkom: Dunia Metaverse Sudah Terjadi Saat Ini

Rabu, 18 Jan 2023 | 19:00 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA,investor.id- Teknologi metaverse digadang-gadang bakal menjadi salah satu teknologi yang memberikan banyak manfaat bagi ekositem teknologi, maupun bagi user atau masyarakat pengguna.

Secara gamblang, teknologi ini sebenarnya sudah digunakan oleh masyarakat, tertutama di Indonesia. Melalui teknologi ini, orang dapat berkatifitas layaknya di dunia nyata, seperti bekerja, bermain, belajar, maupun berdoa.

Baca juga: Program Fordigi Goes To Campus Diperkenalkan di Indonesia Metaverse Show 2023

Sehingga, disimpulkan, teknologi metaverse bukanlah teknologi yang bakal muncul di tahun-tahun mendatang dan kemudian menjadi booming, tetapi sejatinya teknologi metaverse ini sudah ada dan terjadi saat ini.

Advertisement

“Jadi sebenarnya kita suda dapatin sesuatu di metaverse. Mungkin sudah ada beberapa yang melakukan. Tetapi apakah itu (metaverse) menjadi teknologi yang akan datang di masa depan? Jawabannya, adalah masa kini. Karena saat ini sudah ada yang lakukan itu,” kata Ery Punta, Deputy EVP PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (Telkom) dalam acara Indonesia Metaverse Show 2023 di Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Menurut Ery, melalui metaverse banyak kehidupan yang akan bertransformasi. Karena, akan ada banyak hal yang berubah, karena kita memasuki dalam suatu dunia yang baru. Dunia baru yang dimaksud, bukanlah offline to online, atau online to online, tetapi hybrid (Phisical and digital).

“Tetapi ada satu hal yang jadi kunci di situ, bahwa ternyata kita masuk ke era hybrid. Jadi, phisical and digital. Jadi, sekarang apa sih yang enggak bisa digital, kan begitu? Orang bilang metaverse itu digital twins. Jadi apa yang kita lakukan di dunia nyata bisa kita lakukan di di metaverse,” ujar Ery.

Baca juga: Inilah Inovasi Digital Mahasiswa untuk Masyarakat Desa Ala Innovillage Telkom

“Jadi kalau ditanya, mau belajar, mau bekerja, kalau kemarin ditanya ngaji bisa gak di metaverse, bisa. Jadi, aspek-aspek kehiduapn banyak di metaverse,” lanjut Ery.

Ery melanjutkan, karena metaverse adalah suatu dunia yang baru, akan banyak skill baru yang dibutuhkan untuk memasuki dunia ini. Namun, pada dasarnya, dunia metaverse hampir sama dengan dunia nyata.

“Metaverse itu kalau dalam bahasa Indonesia ternyata ada namanya yaitu metamesta. Jadi, ini dunia baru. Artinya sosial life di metaverse adalah kehidupan yang baru. Jadi apa yang harus disiapkan? Bagaimana kita harus beretika. Apalagi ketika kita masuk ke dunia metaverse tadi, kita bakalan gagap enggak? Penguasaan teknologi seperti apa? Terus kemudian, cara kita bergaul seperti apa? Oleh karena itu, ayo kita belajar, jangan ragu untuk memasuki dunia yang baru,” tegas Ery.


 

Editor : Emanuel (eman_kure@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com