Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi DNA virus korona. (IST)

Ilustrasi DNA virus korona. (IST)

Awas, Trojan Mengintai di Balik Info Virus Korona

Senin, 3 Februari 2020 | 21:15 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Kaspersky, perusahaan keamanan siber (cyber security) global, telah menemukan file berbahaya yang menyamar sebagai dokumen terkait dengan informasi virus korona (corona virus). File tersebut sebenarnya perangkat lunak berbahaya (trojan) yang mengincar data pribadi di komputer pengguna.

Virus korona kini menjadi puncak berita utama media massa karena sifatnya yang berbahaya. Seiring dengan itu, Kaspersky pun menemukan file berbahaya yang menyamar dengan kedok sebagai pdf, mp4, dan docx tentang corona virus.

Nama-nama file itu menyiratkan dan berisi instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus, info terkini seputar ancamannya, dan bahkan prosedur deteksi virus. Nyatanya, file berisi ancaman trojan yang mampu menghancurkan, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian, atau jaringan komputer pengguna.

Analis malware Kaspersky Anton Ivanov menyampaikan, corona virus yang sedang dibahas secara luas sebagai berita utama telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber. Sejauh ini, hingga Senin kemarin, Kaspersky baru melihat sejumlah 10 file unik.

File punya nama Worm.VBS.Dinihou.r, Worm.Python.Agent.c, UDS:DangerousObject.Multi.Generic, Trojan.WinLNK.Agent.gg, Trojan.WinLNK.Agent.ew, HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen, dan HEUR:Trojan.PDF.Badur.b.

"Karena aktivitasnya kerap terjadi dengan topik populer di media, Kaspersky memperkirakan, kecenderungan tersebut akan bertambah dan meningkat,” ungkap Ivanov, dalam keterangan persnya, Senin (3/2).

Untuk menghindari menjadi korban program berbahaya yang menyamar sebagai konten eksklusif, termasuk virus korona, Kaspersky pun merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah berikut.

Pertama, pengguna peringkat pintar sebaiknya selalu menghindari tautan mencurigakan yang menjanjikan konten eksklusif. Rujuklah ke sumber resmi untuk memperoleh informasi yang sah dan dapat dipercaya.

Kedua, lihatlah ekstensi file yang diunduh. Dokumen dan file video seharusnya tidak dibuat dalam format .exe atau .lnk. Ketiga, gunakan solusi keamanan yang andal, antara lain Kaspersky Security Cloud untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN