Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tangkapan Layar Pojok Usaha, platform milik Midtrans. (IST)

Tangkapan Layar Pojok Usaha, platform milik Midtrans. (IST)

AWS dan Midtrans Bantu UMKM Go Digital

Senin, 3 Mei 2021 | 20:23 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Amazon Web Services Inc (AWS), perusahaan milik Amazon.com, pada Senin (3/5), mengumumkan kolaborasinya dengan Midtrans, perusahaan payment gateway terkemuka di Indonesia. Keduanya mendorong UMKM Indonesia untuk memanfaatkan teknologi (go digital).

Platform terbaru Midtrans yang dikembangkan bersama AWS, yakni Pojok Usaha, guna mendukung simplifikasi dalam pengadopsian teknologi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Platform tersebut menghadirkan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mendapatkan layanan komputasi awan (cloud) AWS serta mengakses beragam solusi bisnis dan pembayaran dari Midtrands, maupun dari mitra-mitra teknologi keduanya.

Chief Operating Officer at Midtrans Leonard Haidy menuturkan, Midtrans yang merupakan bagian dari Gojek Group, berkomitmen untuk mendukung pelaku usaha di tahap pertumbuhan mana pun saat ini melalui solusi pembayaran yang komprehensif.

“Ini penting, terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, masyarakat banyak yang bergantung pada layanan-layanan digital, seperti pembayaran nontunai,” ujar Leo, dalam pernyataannya, Senin (3/5).

Menurut dia, AWS memiliki misi yang sama dengan Midtrans dalam memperluas kemanfaatan dari tumbuhnya ekonomi digital bagi kalangan UMKM yang turut berimbas positif pada perekonomian dan kehidupan sosial bangsa Indonesia.

“Kehadiran solusi bisnis melalui Pojok Usaha memudahkan pelaku UMKM dalam mendigitalisasikan operasional, memperkokoh, dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka, terlepas dari skala bisnis yang mereka jalankan,” imbuhnya.

Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto menambahkan, Midtrans bersama AWS berkomitmen untuk mendukung ribuan UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasi operasionalnya agar dapat terus meningkatkan pertumbuhannya.

“Dengan mempercepat perjalanan cloud, para pelaku usaha tersebut diharapkan dapat memperkokoh terciptanya inovasi sekaligus mendorong terbangunnya sebuah perekonomian yang inklusif di Indonesia,” ucap Gunawan.

Menurut dia, teknologi cloud tidak saja akan mendorong terlaksananya transformasi bisnis di perusahaan besar yang telah mapan, namun juga mampu membuka diraihnya peluang baru bagi perusahaan di industri konsumsi yang cepat dalam berinovasi, bertumbuh, dan memperluas bisnis hingga ke kancah internasional.

Keduanya pun bertekad untuk mendorong pertumbuhan bagi lebih dari 10.000 UMKM di Indonesia di tahun pertamanya bergabung dengan platform Pojok Usaha.

Midtrans dan AWS bersama-sama akan membantu para pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya di cloud, meningkatkan eksistensi di ranah daring, serta menciptakan peluang pendapatan serta efisiensi baru melalui pendayagunaan teknologi.

Kekuatan Teknologi

Selama ini, teknologi telah terbukti berperan besar dalam mendukung bisnis mengejawantahkan kembali kegiatan operasionalnya, mengembangkan basis pelanggan, hingga mengidentifikasi hadirnya peluang-peluang baru.

Namun, di sisi lain, tidak sedikit pelaku UMKM di Indonesia yang masih terkendala dengan minimnya penguasaan di bidang teknologi dan akses ke peranti-peranti yang terjangkau oleh mereka.

Dengan mensimplifikasi pengadopsian teknologi, Pojok Usaha menghadirkan kemudahan-kemudahan bagi pelaku UMKM untuk berevolusi, sehingga bisa menciptakan inovasi dan berkembang dengan cepat melalui platfom digital yang tersedia.

Platform baru Pojok Usaha yang dikelola Midtrans menawarkan beragam solusi yang dirancang untuk dapat memudahkan pelaku UMKM dalam mendigitalisasi operasional dengan cepat di area seperti marketing, akuntansi, SDM, logistik, pembayaran, dan point-of-sale, hingga dalam berkolaborasi secara daring.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN