Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi fitur baru Bukalapak hasil kerja sama dengan Canva. (IST)

Ilustrasi fitur baru Bukalapak hasil kerja sama dengan Canva. (IST)

Tingkatkan Daya Saing Pelapak UMKM

Bukalapak Berkolaborasi dengan Canva

Rabu, 16 September 2020 | 20:35 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Bukalapak bermitra dan menggandeng Canva, platform desain asal Australia. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing para pelapak usaha mikro, keci, dan menengah (UMKM) yang berjualan di marketplace-nya di tengah pandemi Covid-19 dan tren belanja transaksi daring (online) yang bergairah. 

Canva digandeng untuk menyediakan fitur khusus yang dapat memudahkan para pelapak menambahkan berbagai elemen desain pada foto produk ketika hendak diunggah ke lamannya, sehingga terlihat semakin menarik dan profesional.

Fitur dinamakan Mempercantik Gambar dengan Canva dan dapat digunakan di Seller Center secara gratis. Bukalapak pun menjadi platform pertama yang menambahkan sarana tersebut sebagai bagian dari fitur platformnya di Indonesia.

“Gambar produk tentunya memegang peranan penting dalam strategi pemasaran karena bisa membantu menarik sebanyak-banyaknya pelanggan,” kata VP Marketplace Bukalapak Kurnia Rosyada, dalam keterangannya, Rabu (16/9).

Melalui fitur tersebut, lanjut dia, Bukalapak berharap dapat membantu 6 juta pelapak untuk terus meningkatkan penjualan, terutama di momen seperti sekarang ketika pemenuhan kebutuhan melalui platform online menjadi bagian dari tatanan kebiasaan hidup baru (new normal).

Sementara itu, Bukalapak mencatat kenaikan transaksi hingga 25% pada semester pertama tahun ini dibandingkan dengan semester pertama tahun sebelumnya. Pada awal pandemi Maret hingga Juni, produk kesehatan, alat penunjang kesehatan, serta alat pendukung bekerja dari rumah menjadi produk yang paling banyak dicari.

Kategori fesyen dan makanan serta barang-barang pokok juga menjadi kategori produk yang paling banyak dicari beberapa bulan belakangan. Selain itu, kategori makanan, produk kesehatan, barang rumah tangga, dan hobi menjadi kategori produk yang paling diminati, diikuti dengan sepeda dan motor.

“Seiring dengan tren transaksi online yang meningkat, kami ingin para pelapak kami dapat memanfaatkan tren ini dengan daya saing bisnis yang terus berkembang,” tambah Kurnia.

Kolaborasi dengan Canva pun menjadi bagian dari strategi Bukalapak untuk mewujudkan misinya, yaitu menciptakan A Fair Economy for All. Harapannya, seluruh pelaku UMKM Indonesia dapat mengoptimalkan platform Bukalapak untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya melalui teknologi.

Hal tersebut meliputi dukungan pada aspek logistik, metode pembayaran, modal usaha,  investasi, produk virtual, hingga peningkatan kemampuan bisnis melalui program pelatihan dan pemberdayaan.  

Bukalapak terus mengajak pelaku UMKM dalam negeri memanfaatkan Bukalapak untuk berjualan. Seiring dengan itu, jumlah kategori yang cukup untuk ditawarkan senantiasa dijaga dan secara aktif menjamin harga terbaik bagi para pengguna.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN