Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Perkuat Ekosistem Digital, BCA Digital Jalin Kolaborasi dengan Blibli

Perkuat Ekosistem Digital, BCA Digital Jalin Kolaborasi dengan Blibli

Digitalisasi Stadion, NTT Ltd Ciptakan Digital Twin Tour de France

Kamis, 22 Juli 2021 | 13:53 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - NTT Ltd,  perusahaan layanan teknologi global terdepan menjadi mitra teknologi resmi untuk ASO, Organisasi Olahraga Amaury, yang merupakan perusahaan yang memiliki, merancang, dan menyelenggarakan acara olahraga internasional, mengumumkan bahwa pihaknya akan membuat stadion terhubung terbesar di dunia, yakni sebuah konsep unik untuk Tour de France, dengan penciptaan Digital Twin.

Jutaan data akan terkumpul dan dihidupkan melalui visualisasi yang memberikan wawasan luas guna memberikan pengalaman digital untuk para penggemarnya dan juga adanya layanan baru untuk mendukung operasional ajang balapan selama tiga minggu, yang akan berlangsung dari tanggal 26 Juni – 18 Juli 2021 mendatang.

“Digitalisasi Tour de France dimulai pada tahun 2015 dengan mengambil data dari para pesepeda untuk pembaruan informasi secara langsung. Setiap tahun kami mampu membawa teknologi ke tingkat berikutnya, tahun ini kami menciptakan Digital Twin. Hal ini akan memberikan gambaran lingkungan yang senantiasa berubah dimana akses langsung ke informasi ini dapat memastikan pengelolaan ajang balapan agar lancar dan berkesinambungan, dengan lebih melibatkan keikut-sertaan dari para penggemar,” kata Peter Gray, Senior Vice President, Advanced Technology Group, Sport di NTT Ltd melalui siaran pers, Kamis (22/7).

Adanya pembatasan dalam bepergian dan protokol keamanan Covid -19 yang sedang berlangsung, NTT Ltd., bersama dengan ASO, akan memberikan sejumlah pengalaman digital yang mengikut-sertakan penggemar dari seluruh dunia. Hal tersebut termasuk:

Pertama, Race Center – situs LIVE jalur pelacakan resmi yang menyediakan pembaruan informasi terkait balapan, termasuk data pelacakan langsung dari para peseda di www.letour.fr dan di aplikasi mobile resmi dari Tour de France

Kedua, LeTourData – pemahaman mengenai data dan prediksi berbasis teknologi AI yang ditampilkan di twitter, Instagram, dan siaran TV.

Ketiga, Pelacak 3D – aplikasi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang menyediakan tampilan 3D dari panggung.

Keempat, Tour de France Fantasy oleh Tissot – permainan olahraga fantasi yang menggabungkan pemahaman data dan pembelajaran mesin (perkiraan NTT), untuk memberikan wawasan tentang pengendara sepeda yang  ditonton.

Kelima, NTT Ltd. Media Wall – tampilan media di lingkungan perlombaan, yang menampilkan wawasan mengenai data dan visualisasi dari LeTourData, dan pembaruan informasi terkait balapan secara langsung

Menciptakan digital twin dengan IoT dan Edge Computing

Tour de France adalah stadion yang bergerak setiap hari selama 21 hari, melintasi 3.400km dengan mengunjungi beberapa lokasi paling terpencil di Perancis, mulai dari pedesaan yang indah hingga pemandangan Alpes dan Pyrenees.

Dengan menciptakan digital twin dari ajang ini mempermudah staf operasional untuk mendapatkan visibilitas secara langsung, dan pada akhirnya mempersingkat waktu operasional untuk memastikan kelancaran dan menyiasati dinamika dari ajang perlombaan.

NTT Ltd. akan menggunakan berbagai sensor IoT, edge compute, dan jaringan yang terintegrasi ke dalam platform NTT, dan dipetakan dengan menggunakan model geo-lokasi dari setiap tahapan tur. Hal tersebut memungkinkan untuk memberikan tampilan sesuai dengan momentumnya dari lokasi dan aset utama perlombaan, pelacakan kontak untuk protokol keamanan Covid-19, dan pembaruan informasi yang diambil dari mobil pendukung lomba dan waktu kedatangan pesepeda.

“Untuk pertama kalinya di tahun 2021, NTT Ltd. akan menggunakan analitik waktu pada edge agar dapat mengirim data balik balapan secara langsung ke kendaraan pendukung lomba. Hal ini akan memberikan gambaran mengenai situasi balapan, bahkan di daerah terpencil atau pegunungan tinggi sekalipun,” jelas Gray.

Konektivitas cloud

Lebih jauh, Gray menjelaskan, dengan menyediakan lingkungan yang hybrid dari pemanfaatan server fisik, server virtual, container, dan pembagian beban kerja yang berbeda tanpa penggunaan server, semua terautomatisasi dengan Infrastrucrure as Code, NTT Ltd. mendukung beragam layanan untuk penggemar dan juga layanan operasional untuk ASO.

“Ini semua akan dipantau oleh Portal Layanan dan tim ahli NTT, yang terhubung melalui Layanan Kolaborasi Terkelola dari NTT, agar dapat mempermudah permintaan untuk terhubung dengan lebih baik, di mana pun perlombaan digelar dan di mana pun komputasi, aplikasi, dan pengguna berada,” ungkap Gray.

Dengan menciptakan digital twin juga berarti menambah koneksi yang lebih besar pada perangkat dan kendaraan pendukung lomba, dan juga pemanfaatan aplikasi dan platform yang menggunakan layanan cloud, baik cloud publik, cloud pribadi, atau hybrid cloud campuran dari keduanya. Apapun hostnya, untuk ASO, data akan menjadi intinya.

Hal tersebut tidak hanya mencakup pemahaman mengenai dimana data berada, tetapi bagaimana mengumpulkan dan menggunakannya secara efektif untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik, untuk penggemar, media, atau juga untuk tim sepeda.

“Banyak organisasi memiliki cara tersendiri di saat pandemi, untuk memastikan kebutuhan dan keinginan pelanggan yang berubah dapat terpenuhi. Setiap tahun, tantangannya terus meningkat agar kami menciptakan inovasi untuk menjangkau dan mengundang lebih banyak orang dengan cara-cara baru dan menarik, yang sebenarnya bukan hal mudah jika anda mempertimbangkan kerumitan dari ajang balapan ini,” tutur Gray.

Yann Le Moenner, Chief Executive ASO mengungkapkan, teknologi memiliki peran penting dalam membantu kami berinovasi untuk mengimbangi kecepatan yang diharapkan oleh para penggemar dari aplikasi berbasis cloud yang diakses secara mobile juga menyediakan data mendalam mengenai ajang balapan, kaya akan analitik, dan solusi-solusi digital yang cerdas lainnya.

“Sejak 2015, kami telah menghadirkan berbagai perangkat tambahan digital ke ajang ini, untuk menciptakan pengalaman terhubung dengan penggemar yang lebih baik. Tahun ini pun kami memberikan pengalaman berbasis data di perangkat apa pun yang digunakan, di mana pun anda berada,” tandas Le.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN