Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mitra pengemudi Gojek menyediakan masker. (IST)

Mitra pengemudi Gojek menyediakan masker. (IST)

Ekosistem Gojek Saling Dukung Hadapi Covid-19

Emanuel Kure, Rabu, 27 Mei 2020 | 20:30 WIB

JAKARTA, investor.id -  Survei Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) terhadap 41.393 mitra pengemudi Gojek mengungkapkan bahwa di tengah kondisi pandemi Covid-19, perusahaan Gojek, mitra pengemudi, maupun konsumen yang ada dalam satu ekosistem, saling membantu.

Survei menemukan, mayoritas mitra pengemudi Gojek mendapatkan bantuan sosial dari perusahaan Gojek (89%). Selain itu, mereka mendapatkan bantuan sosial dari konsumen (21%) dan dari sesama mitra (5%). Mitra driver juga mendapat bantuan pemerintah bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Wakil Kepala LD FEB UI Paksi Walandouw mengatakan, hasil riset itu cukup menarik. Pasalnya, pekerja dan ekosistem Gojek sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Semangat saling membantu inilah yang kami lihat sebagai adanya sikap resiliensi, bahu-membahu untuk membantu, sekaligus optimisme bahwa bencana bisa dilewati bersama,” ujar Paksi, dalam keterangannya, Rabu (27/5).

Temuan menarik lainnya, bantuan yang diberikan oleh Gojek, sebagai perusahaan membuat mitranya merasa terus didukung di tengah masa sulit. Pemberian bantuan pun direspons positif. Mayoritas mitra (84%) mengapresiasi bantuan sosial yang diterimanya.

Sebagian besar mitra yang mendapat bantuan merasakan manfaat yang diberikan (74%). Mitra pengemudi Gojek mendapatkan beberapa bantuan dari start-up on-demand tersebut. Bantuan paling banyak diterima adalah program sembako dan, atau voucher makan gratis (77%).

Sisanya, mereka menerima bantuan posko aman (terdiri atas fasilitas cek suhu tubuh, pembagian paket kesehatan terdiri dari masker, hand sanitizer dan lainnya, penyemprotan desinfektan kendaraan), keringanan cicilan, serta kerja sama dengan pemerintah untuk fasilitas program Kartu PraKerja.

Sikap gotong-royong tercermin dari temuan bahwa walaupun mengalami penurunan penghasilan, hampir setengah dari mitra pengemudi Gojek (44%) memberikan bantuan sosial kepada sesama.

Pemberian bantuan yang paling banyak dilakukan dengan memberikan langsung kepada anggota keluarga (18%) dan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan (11%). Sebagian mitra (15%) memilih untuk memberikan bantuannya melalui komunitas pengemudi Gojek, atau langsung kepada sesama mitra.

Menurut Paksi, riset perlu dilakukan di saat pandemi Covid-19 karena merupakan kejadian luar biasa yang berdampak sosial dan ekonomi pada suatu negara. Riset dilakukan secara daring (online) dengan metode simple random sampling kepada mitra pengemudi roda dua (GoRide) dan roda empat (GoCar) Gojek yang sudah bergabung selama minimal tiga bulan terakhir pada Mei 2020.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN