Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Suryanto Lee, Senior Professional Service Consultant Lark dalam sebuah diskusi secara webinar yang digelar Kamis (8/10). Tampak di sisi atas kanan adalah Joanito Iwan, IT Director PT Diamond Indonesia.

Suryanto Lee, Senior Professional Service Consultant Lark dalam sebuah diskusi secara webinar yang digelar Kamis (8/10). Tampak di sisi atas kanan adalah Joanito Iwan, IT Director PT Diamond Indonesia.

Kemudahan Tranformasi Budaya Kerja Digital a la Lark

Jumat, 9 Oktober 2020 | 00:07 WIB
Fajar Widhiyanto

Pandemi yang dinilai telah meluluhlantakkan sejumlah proyeksi bisnis, ada semacam blessing in disguise alias berkah tersembunyi berupa perubahan kultur publik dalam memanfaatkan teknologi digital. Pandemi covid-19 yang membuat masyarakat harus meminimalkan aktivitas tatap muka, dibutuhkan sebuah solusi platform yang bisa mengakomodir setiap aktivitas yang dilakukan secara remote.

Setidaknya solusi telah disiapkan oleh Lark, sebuah platform kolaborasi terbaru yang memaksimalkan sinergi pengguna untuk bekerja bersama sebagai sebuah tim, yang mengakomodir solusi bagi aktivitas bisnis dan komunitas yang dilakukan secara remote. Platform Lark memang telah menyediakan kebutuhan dan solusi “all in one”, karena Lark menyiapkan sejumlah platform dalam satu produk, yakni Lark Messenger, Lark Docs, Lark Calendar, Lark Video Conferencing, Lark Mail dan Lark Workplace yang terintegrasi dengan sejumlah aplikasi pihak ketiga.

“Semua fungsi terintegrasi dalam sebuah aplikasi tunggal yang tersedia di Mac, PC, iOS, dan Android,” kata Suryanto Lee, Senior Professional Service Consultant Lark dalam sebuah diskusi secara webinar yang digelar Kamis (8/10).

Menurut Suryanto, pandemi telah mendorong transformasi digital bergerak maju lebih cepat. Pasalnya semua aktivitas kini harus dilakukan secara online akibat pembatasan aktivitas demi menekan penyebaran virus Covid-19. Namun demikian terdapat sejumlah tantangan bagi perusahaan dalam melakukan transformasi digital, termasuk terkait cara kerja perusahaan.

“Tantangannya adalah bagaimana organisasi atau perusahaan dapat melakukan transformasi digital dalam cara kerja dengan melibatkan karyawan. Dalam transformasi digital, cara kerja harus berubah. Seluruh karyawan, baik muda dan tua, harus mampu berdaptasi dengan cara kerja baru,” ujarnya.

Tekait tantangan tersebut, ia menyebut Lark telah menyiapkan solusi berupa platform digital yang akan membuat transformasi berjalan smooth. Lark yang berdiri tahun 2017 dan mulai ekspansi ke Indonesia pada akhir 2019 lalu, akan memudahkan organisasi atau perusahaan dengan tim kecil, menengah, hingga dengan jumlah karyawan di atas 5000 orang, untuk menjalankan fungsi administrasi usaha secara terkoordinasi lewat platform “all in one” yang disediakan.

Dengan Lark, kata Suryanto, kolaborasi antar divisi dan departemen akan terbantu dengan menggunakan platform dengan fungsi-fungsi yang integrated dan memenuhi semua kebutuan dalam manajerial sebuah usaha serta organisasi.

Sedikit informasi, di dalam platform Lark, telah tersedia Lark Messenger yang didesain untuk memaksimalkan komunikasi antar anggota dalam grup, yang mampu sampai dengan 5.000 anggota, plus dilengkapi dengan fitur unlimited searchable chat history, yang memungkinkan anggota baru dalam grup untuk mendapatkan informasi dari diskusi sebelumnya di grup tersebut. “Anggota juga dapat menelepon, memeriksa jadwal kolega, mengirim dokumen, semuanya dalam jendela obrolan,” kata Suryanto.

Lark juga memiliki fasilitas Lark Video Conferencing yang memungkinkan pertemuan dilakukan secara daring dengan waktu tak terbatas hingga 100 peserta, dilengkapi terjemahan langsung, plus berbagi file selama panggilan.

Selanjutnya ada Lark Docs yang bisa membuat koordinasi pembuatan dokumen menjadi lebih efektif dan efisien dengan kemampuan file sharing hingga 200 GB lewat penyimpanan cloud gratis di Lark Drive.

Berikutnya adalah Lark Calendar yang memberikan kemudahan kepada semua anggota untuk melihat jadwal dari anggota lainnya dan menetapkan jadwal pertemuan yang cocok dengan semua anggota yang terlibat. Lark juga melengkapi diri dengan Lark Workplace yang memungkinkan pengguna mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga favorit, dari Asana, Jira hingga Salesforce, plus mengotomatiskan alur kerja internal seperti Persetujuan dan Kehadiran tanpa perangkat lunak tambahan.

Dan tak ketinggalan Lark pun menyiapkan Lark mail yang memudahkan koordinasi pekerjaan secara keseluruhan dalam satu platform, ketika pengguna dapat menautkan akun Gmail mereka dengan Lark untuk menikmati integrasi tanpa batas antara email, messenger, dan drive.

Salah satu perusahaan besar yang saat ini menjadi user dari Lark atara lain PT Diamond Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods dengan salah satu brand terbesarnya Susu Diamond, memutuskan menggunakan Lark, beberapa bulan sebelum terjadinya pandemi.

Dikatakan Joanito Iwan, IT Director PT Diamond Indonesia, pihaknya merasa diuntungkan dengan mengadopsi platform kolaborasi yang integrated seperti Lark. “”Koordinasi sebetulnya bisa menggunakan platform percakapan yang sudah ada, namun Lark memberikan fasilitas lebih dari sekedar platform kolaborasi. Di sini kami bisa memiliki work flow yang bisa digunakan dan di-share,” ujar Joanito.

 

 

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN