Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo) Johnny G. Plate dalam acara peluncuran Beli Kreatif Danau Toba yang menjadi rangkaian Gernas BBI, Sabtu (20/2/2021).

Menkominfo) Johnny G. Plate dalam acara peluncuran Beli Kreatif Danau Toba yang menjadi rangkaian Gernas BBI, Sabtu (20/2/2021).

UMKM ONBOARDING,

Menkominfo Janji Perkecil Disparitas Internet Antar Wilayah

Sabtu, 20 Februari 2021 | 20:04 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id   – Untuk mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang salah satu tujuannya adalah mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk masuk ke dalam platform digital (onboarding), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berkomitmen untuk menyediakan jaringan 4G hingga ke seluruh desa.

“Kominfo memberikan dukungan yang luar biasa untuk onboarding UMKM ke dalam platform digital. Kita akan bekerja keras untuk memastikan penyediaan internet dan memperkecil disparitas internet antar wilayah Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate dalam acara peluncuran “Beli Kreatif Danau Toba” yang menjadi rangkaian Gernas BBI, Sabtu (20/2/2021).

Saat ini masih ada sekitar 12.000 desa dan kelurahan yang belum terjangkau jaringan 4G dari total 83.218 desa dan kelurahan di Indonesia. Kemkominfo menjanjikan seluruh desa tersebut akan tersambung jaringan 4G paling lambat tahun 2022.

“Sampai dengan tahun 2022 nanti, mudah-mudahan dengan kerja keras dan dukungan politik yang kuat dari Bapak Presiden dan Menteri Keuangan, kita akan menghadirkan internet 4G di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia, di seluruh pelosok tanah air.  Dengan demikian harapan pada 2022 nanti onboarding-nya akan tersebar merata sampai ke wilayah 3T,” kata Menkominfo.

Selain itu, pemerintah juga akan meluncurkan Satelit Republik Indonesia (Satria) 1 dengan teknologi high-throughput satellite (HTS) atau satelit dengan karakteristik internet berkecepatan tinggi. Rencananya satelit ini akan diluncurkan pada 2023.

“Diharapkan ini membantu mendorong semakin cepat internet, dan untuk mendukung layanan publik di Indonesia. Dengan tersedianya infrastruktur ini, kita harapkan onboarding UMKM ke dalam platform digital semakin lebih baik,” kata Menkominfo.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN