Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi transaksi dengan menggunakan QRIS pada OVO. (Youtube)

Ilustrasi transaksi dengan menggunakan QRIS pada OVO. (Youtube)

OVO Bantu Masyarakat, Terutama yang Unbanking

Sabtu, 1 Agustus 2020 | 16:37 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id –   Head of Public Relations OVO Sinta Setyaningsih menambahkan, OVO memiliki visi dan misi untuk membantu masyarakat Indonesia, terutama yang belum memiliki akun bank, memiliki akses terhadap layanan keuangan modern.

Selain itu, OVO juga ingin menjadi layanan keuangan digital yang terbesar di Indonesia.

“Misi kami adalah supaya masyarakat Indonesia bisa segera memiliki akses terhadap layanan keuangan, serta mendorong dan membantu Pemerintah Indonesia dalam menerapkan inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Sinta yang mendampingi Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra dalam zoom meeting dengan redaksi Berita Satu Media Holdings di Jakarta, Kamis (30/7/2020).

CEO BeritaSatu Media Holdings Nicky Hogan, COO BeritaSatu Media Holdings Anthony Wonsono dan News Director BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu menerima  kunjungan secara virtual Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra, Head of Publc Affairs OVO Sinta Setyaningsih, dan Corporate Communications Manager OVO Andina Rosfieta, di BeritaSatu Plaza, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
CEO BeritaSatu Media Holdings Nicky Hogan, COO BeritaSatu Media Holdings Anthony Wonsono dan News Director BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu menerima kunjungan secara virtual Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra, Head of Publc Affairs OVO Sinta Setyaningsih, dan Corporate Communications Manager OVO Andina Rosfieta, di BeritaSatu Plaza, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Dia menyatakan, saat ini dari total jumlah pengguna OVO, sekitar 20-30% adalah pengguna yang belum memiliki akun bank atau unbanking. Sehingga, kehadiran OVO dinilai dapat menjadi solusi yang tepat bagi pengguna untuk memiliki akses terhadap layanan keuangan secara digital.

“Data terakhir yang kami miliki, dari sekian banyak pengguna OVO, sekitar 20-30% merupakan pengguna yang unbanking,” tambah Sinta.

Di sisi lain, seiring dengan perkembangan penetrasi smartphone dan internet yang terus meningkat, ekonomi digital telah menjadi perhatian yang serius dari masyarakat Indonesia. Bahkan, di era pandemi Covid-19 ini, khususnya sejak Maret 2020, OVO sudah mencatat transaski e-commerce meningkat sekitar 110%.

“Itu membuktikan bahwa masyarakat Indonesia semakin nyaman melakukan transaksi secara digital di platform yang merupakan bagian dari digital milik kami juga,” tutur Sinta.

Sinta juga mengungkapkan, saat ini, layanan OVO tidak hanya tersedia secara of fline, tetapi juga secara online. Layanan OVO tidak hanya tersedia di mal-mal, tetapi telah diadopsi oleh merchant-merchant offline maupun online. Total merchant yang tergabung di layanan OVO telah mencapai sekitar 600 ribu lebih. Dari jumlah tersebut, sekitar 550 ribu merchant merupakan UMKM.

“Kami ingin sekali bantu UMKM untuk mampu menciptakan bisnis yang tidak hanya sustainable, tetapi juga mampu berkembang dan mampu beradaptasi di tengah pandemic ini. Bahkan sampai bisa menghasilkan sebuah ekosistem yang naik kelas. Itulah yang terus kami berusaha bantu,” kata Sinta.

CEO BeritaSatu Media Holdings Nicky Hogan, COO BeritaSatu Media Holdings Anthony Wonsono dan News Director BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu menerima  kunjungan secara virtual Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra, Head of Publc Affairs OVO Sinta Setyaningsih, dan Corporate Communications Manager OVO Andina Rosfieta, di BeritaSatu Plaza, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
CEO BeritaSatu Media Holdings Nicky Hogan, COO BeritaSatu Media Holdings Anthony Wonsono dan News Director BeritaSatu Media Holdings Primus Dorimulu menerima kunjungan secara virtual Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra, Head of Publc Affairs OVO Sinta Setyaningsih, dan Corporate Communications Manager OVO Andina Rosfieta, di BeritaSatu Plaza, Jakarta, Kamis (30/7/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Di sisi lain, solusi pembayaran yang disodorkan OVO dinilai telah memecahkan persoalan yang dialami oleh para UMKM dalam menjangkau akses pembayaran.

“Kendala UMKM untuk berkembang itu apa sih? Sebagian besar menyebutkan, akses terhadap layanan keuangan. Hal itulah yang coba kami pecahkan. OVO sekarang dikenal sebagai platform PJSP (Penyedia Jasa Sistem Keuangan). Bahkan kami juga sudah merambah ke layanan keuangan yang memberikan pinjaman dan asuransi,” tegas Sinta.

Sinta menegaskan, prinsip utama OVO dalam mengembangkan bisnis adalah open ecosystem. Dengan prinsip ini, semua mitra dapat bekerja sama dengan OVO. Baik dari swasta maupun sektor pemerintahan.

“Kami membangun sistem yang mudah digunakan, bisa dipahami oleh merchant. Kami juga punya merchant app bagi merchant, khususnya UMKM” ungkap Sinta.

Karena open ecosystem, OVO berkembang sangat pesat. Salah satu online merchant OVO adalah Tokopedia, dan beberapa merchant-merchant lain yang tergabung dalam OVO. “Baru-baru ini, kita juga kerja sama dengan Blibli.com,” tutur Sinta.

Sedangkan terkait pengembangan teknologi dan juga keamanan data privacy, hal itu menjadi value proposition unik yang dimiliki OVO.

“Kami memiliki sistem teknologi yang terbaru, dan juga memastikan keamanan data privacy dengan memanfaatkan big data analysis dan Artificial Intelligent (AI) untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh pengguna kami,” kata Sinta.

Sinta melanjutkan, ke depan OVO fokus pada beberapa area, yakni sustainable growth, people transformation, vertical focus, dan tech excellence.

“Fokus kami terutama sustainable growth. Melayani masyarakat lebih banyak di seluruh pelosok Indonesia. Kami juga berusaha supaya karyawan OVO terus berkembang, terus berevolusi dan juga mengoptimalkan resources yang ada.

Terkait resources, kami melihat banyak sekali SDM, yang sangat passion di bidang teknologi dan juga layanan keuangan. Di OVO sendiri, rata-rata umurnya masih muda. Itu terus kita kembangkan, mentorship jalan,” ungkap Sinta.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN