Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tim Eka Tjipta Foundation dan  Enigma IT Bootcamp menggelar latihan vokasi

Tim Eka Tjipta Foundation dan Enigma IT Bootcamp menggelar latihan vokasi

Sinar Mas Gandeng Kaesang Pangarep Gelar Pelatihan Vokasi

Emanuel Kure, Senin, 3 Februari 2020 | 19:51 WIB

JAKARTA, investor.id - Dalam upaya mendukung langkah pemerintah merevitalisasi pendidikan kejuruan atau vokasi, Eka Tjipta Foundation, yang berada di bawah naungan Sinar Mas, menggandeng Enigma IT Bootcamp untuk menggelar pelatihan coding dengan memberikan jaminan kerja kepada para lulusannya.

Direktur Eksekutif Eka Tjipta Foundation (ETF), Ardy Candra menjelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk mendapatkan para tenaga kerja pemrograman, yang siap berkiprah dalam sektor industri.

"Karakteristik bisnis kami yang beragam menjadikan keberadaan para programmer di pilar bisnis yang satu dengan lainnya, mesti memiliki nilai tambah yang berbeda," kata Ardy dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/2).

Ardy menjelaskan, rangkaian pendidikan dan latihan yang diinisiasi pihaknya ini, bertujuan untuk menjaring peserta didik, kemudian mendidiknya dengan kurikulum dan praktik yang sesuai dengan kebutuhan tempat mereka nanti bekerja.
"Hal itu sekaligus memberikan jaminan kerja bagi para programmer tadi," ujar Ardy.

Ardy mengatakan, kebutuhan akan praktisi coding hari ini semakin tinggi, sementara teknologi berkembang begitu cepat. Sehingga, kurikulum yang ada di lembaga pendidikan resmi pun menjadi banyak yang kerepotan dalam upaya menyesuaikan diri.

"Maka semoga saja inisiatif ini dapat menjadi salah satu solusi memenuhi kebutuhan cepat terhadap para programmer yang siap bekerja," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Founder Enigma, Kaesang Pangarep menjelaskan, model pendidikan coding dan pemrogaman yang dikembangkan oleh pihaknya akan terfokus pada upaya pemenuhan segera atas kebutuhan sumber daya pemrograman, yang dibutuhkan oleh sektor privat.

"Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi kebutuhan mitra kami, yakni Sinar Mas," ujar Kaesang.

Diketahui, perusahaan yang juga terlibat dalam kemitraan ini adalah PT Berau Coal Energy, yang berada di bawah payung Sinar Mas Energy & Infrastructure. Nantinya, perusahaan itu juga akan menjadi salah satu wadah rekrutmen bagi para tenaga programmer, yang berasal dari lulusan program pelatihan vokasi ini.

Dalam gelombang pertama, program vokasi ini akan mendidik sebanyak dua puluh lulusan sekolah menengah atas atau kejuruan, yang akan menjalani pelatihan sepanjang dua bulan. Pelatihan tersebut nantinya akan berbentuk kombinasi perkelasan dan praktik, termasuk menggarap proyek penugasan.

Para lulusannya nanti dipastikan akan mendapat kesempatan bekerja di Sinar Mas Energy & Infrastructure, sehingga kerja sama ini diharapkan dapat mendukung Iangkah pemerintah, dalam merevitalisasi pendidikan kejuruan atau vokasi.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA