Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Komunitas pajak menyosialisasikan aplikais pajak

Komunitas pajak menyosialisasikan aplikais pajak

SystemEver Bersama Komunitas PajakMania Dorong Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak

Sabtu, 1 Mei 2021 | 08:57 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – SystemEver bersama Komunitas PajakMania mendorong tingkat kepatuhan wajib pajak. Mereka menggelar berbagai berdiskusi membahas isu terbaru dan mengenai peraturan perpajakan di Indonesia.

Pendiri Komunitas PajakMania, Daniel William Legawa mengamati, kesadaran masyarakat untuk membayar pajak sudah tumbuh. Apalagi dengan melihat kemajuan pembangunan saat ini. “Masyarakat banyak kok yang ingin patuh pajak. Hanya saja mereka tidak tahu bagaimana cara memulainya dan cara untuk patuhnya,” ungkap Daniel dalam keterangan pers.

Seperti diketahui, rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak masyarakat, disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya rasio pajak di Indonesia. Tahun 2018, Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD) mencatat, rasio pajak Indonesia cuma 11,9% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Capaian tersebut, dibawah rata-rata negara-negara yang tergabung di OECD sekitar 34,3%.

Angka tersebut semakin menukik pada tahun 2019, rasio pajak Indonesia hanya sebesar 10,7 persen. Terlebih di masa pandemi, pendapatan masyarakat berkurang, dan sejumlah insentif diberikan pemerintah kepada beberapa kalangan masyarakat sehingga sejumlah kalangan tertentu tidak dibebaskan kewajibannya membayar pajak, rasio pajak sulit diharapkan naik.

Namun begitu, sebagai salah satu sumber penerimaan negara, kontribusi dari pajak merupakan hal yang krusial dicermati. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi penerimaan pajak yang cukup besar. Ini bisa dilihat dari jumlah Produk Domestic Bruto Indonesia (PDB) yang relatif tinggi, yaitu sebesar Rp 15.833,9 triliun (sumber:Badan Pusat Statistik (BPS)).

Reformasi perpajakan Indonesia memang tengah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Diantaranya program digitalisasi sistem administrasi perpajakan untuk memperbaiki pelayanan kepada wajib pajak, sekaligus penegakan hukum yang konsisten. Hal tersebut diharapkan dapat mendorong kepatuhan pajak (tax compliance).

Soal reformasi perpajakan, diakui Daniel, sudah mulai menciptakan atmosfer yang mendorong kepatuhan pajak. Digitalisasi dalam adminitrarasi pelayanan diantaranya, e-registration, e-filing, e-form, e-SPT dan e-faktur, dan iKSWP terbukti banyak memberikan kemudahan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Dikuatkan dengan terbitnya PMK No. 9/PMK.03/2018 merupakan sarana untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

“Tinggal memang dalam implementasinya, butuh waktu beradaptasi dengan teknologinya. Jika masyarakat sudah merasakan kemudahan, kepatuhan pajak masyarakat Indonesia meningkat,” kata Daniel yang juga menjadi konsultan pajak dan tax specialist perusahaan multinasional.

Menjawab kebutuhan tersebut, Komunitas Pajakmania sejak 2010 hadir untuk mensosialiasasikan peraturan perpajakan di Indonesia, mengedukasi, serta memfasiltasi masyarakat, baik perorangan atau pelaku dunia usaha yang ingin menunaikan kewajiban pajaknya.

Kini Komunitas PajakMania sudah memiliki anggota lebih dari 1000 orang dengan beragam latar belakang seperti konsultan pajak, staf pajak, pegawai kantor pajak, akademisi dan mahasiswa. Mereka secara rutin berdiskusi baik offline dan online membahas isu terbaru dan insight terkini mengenai peraturan perpajakan di Indonesia, termasuk juga hal teknis penerapan aturan perpajakan, misalnya terkait aplikasi layanan online yang disediakan oleh DJP.

Meskipun pandemik, kegiatan Komunitas PajakMania konsisten menggelar berbagai diskusi rutin secara daring dan bekerjasama dengan sejumlah pihak. Salah satunya dengan SystemEver Indonesia, perusahaan teknologi Cloud ERP yang memiliki layanan i1-AccounTax Service yang dirancang untuk digunakan oleh konsultan pajak.

Menurut Daniel, sebagai konsultan pajak, kerap berhadapan dengan sejumlah kendala dalam penyusunan laporan pajak yang efektif dan efisien. Dinamisnya perkembangan teknologi dan modernisasi layanan, konsultan pajak dituntut cepat beradaptasi untuk membuat kepatuhan pajak itu menjadi mudah.

“Di dunia konsultan, sampai saat ini belum ada sebuah standar pasti, dokumen kertas kerja yang benar-benar dapat diandalkan untuk mengelola, menyusun dan mengarispkan data pajak klien”. ungkap Daniel.

Apalagi, kata Daniel, jika konsultan pajak memegang banyak klien dengan berbagai histori pajak dan aplikasi teknologi yang digunakan, tentu memakan waktu yang tidak sebentar untuk menganalisis dan membuat pelaporan pajak dengan cermat. Sangat dibutuhkan sistem atau software yang memberikan kemudahan dan penyederhanaan alur kerja secara administratif.

Karena itu, kata Daniel, hadirnya produk i1-AccounTax Service dari Systemever Indonesia diharapkan Daniel bisa memberikan solusi bagi konsultan pajak dalam mengelola seluruh aspek administrasi perpapajakan para klienya.

Keunggulan dari Produk i1- Account Tax Service ini diantaranya memiliki fitur khusus yaitu Journal Batch Upload yang mempermudah konsultan dalam melakukan upload data klien, hanya dengan 1x upload data dalam jumlah banyak, semudah copy paste dari excel.

Dengan melakukan upload data klien ke dalam produk i1 – AccounTax Service SystemEver, konsultan dapat melakukan pengecekan jurnal dan kesesuaian angka-angka pada laporan keuangan klien berdasarkan aturan berlaku dengan cepat dan mudah.

Fitur ini juga dapat mengurangi kemungkinan kesalahan input (human eror), sehingga dapat meningkatkan efisiensi kinerja dari perusahaan konsultan pajak dan akuntansi.

“Kami sangat mengapreasiasi kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas PajakMania. Semoga kepatuhan wajib pajak semakin meningkat. Kami akan terus mendukung kegiatan serupa dan meningkatkan skalasi kerja sama dengan berbagai pihak” tutur Chief in Representative SystemEver Indonesia, Kwon Oh Cheol.

----

Editor : Mardiana Makmun (nana_makmun@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN