Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aplikasi Tik Tok (Sumber: thenextwebcom)

Aplikasi Tik Tok (Sumber: thenextwebcom)

Tik Tok Luncurkan Kampanye Anti-Perundungan

Emanuel Kure, Selasa, 11 Februari 2020 | 20:30 WIB

JAKARTA, investor.id -Tik Tok, platform berbagi video singkat terdepan di dunia, bekerja sama dengan Sudah Dong, sebuah gerakan dan komunitas antiperundungan (bullying), meluncurkan kampanye antiperundungan siber (cyber bullying) untuk memperingati Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day).

Hal itu dilakukan dengan menghadirkan panduan bertajuk Sama-sama Aman, Sama-sama Nyaman untuk mengajak para pengguna Tik Tok menciptakan lingkungan internet yang positif dan bermanfaat.

Head of Public Policy Tik Tok Indonesia Donny Eryastha mengatakan, Tik Tok menyediakan platform bagi siapa pun untuk mengekspresikan kreativitasnya. Karena itu, prioritas utama Tik Tok adalah memberikan lingkungan yang aman, di mana semua orang dapat merasa nyaman saat mengekspresikan dirinya secara terbuka dan kreatif.

“Oleh karena itulah, kami menciptakan panduan ini, di mana pengguna akan mendapatkan tips mengenai cara hadapi cyber bullying secara umum serta fitur-fitur keamanan di Tik Tok,” ujar Donny, di Jakarta, Selasa (11/2).

Sementara itu, hasil riset Polling Indonesia bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan, ada sekitar 49% netizen (warga internet) yang pernah menjadi sasaran perundungan di media sosial.

Angka tersebut diperoleh dari hasil survei yang dilakukan kepada para pengguna internet di Indonesia selama periode Maret hingga April 2019. Data ini semakin menggambarkan bagaimana pentingnya para pengguna internet, khususnya anak muda, untuk melindungi diri dari cyber bullying.

“Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan Tik Tok dalam kampanye ini, dan dapat memberikan kontribusi dalam menjaga kenyamanan pengguna Tik Tok yang memang didominasi oleh anak muda,” tambah Pendiri Komunitas Sudah Dong Katyana Wardhana.

Menurut dia, panduan itu akan memberikan informasi yang mudah dipahami, mengenai apa bullying dan langkah apa yang perlu dilakukan jika menyaksikannya. Kemudian, ada tips menggunakan internet dengan cerdas dan juga berbagai fitur keamanan yang tersedia di dalam aplikasi Tik Tok untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Ferdinandus Setu mengapresiasi langkah Tik Tok dalam menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya dan aktif melawan cyber bullying yang kerap terjadi di tengah perkembangan teknologi saat ini.

“Hal ini sejalan dengan beberapa program yang kami lakukan dalam bentuk sosialisasi, roadshow, dan forum diskusi dengan melibat seluruh komponen masyarakat, untuk mengkampanyekan internet yang sehat dan aman,” tutur Nando, panggilan akrab Ferdinandus Setu.

Panduan Sama-sama Aman, Sama-sama Nyaman dapat diakses di website resmi Sudah Dong mulai Selasa, tanggal 11 Februari 2020, yang bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia. Tik Tok juga bekerja sama dengan sejumlah kreator di Tik Tok untuk mengunggah video yang mengampanyekan anti-cyber bullying dan dapat dilihat melalui tagar #samasamanyaman.

Tik Tok kini telah tersedia di lebih dari 150 pasar dan dalam 75 bahasa. Strategi lokalisasi pun gencar dilakukan untuk mendorong pengguna menciptakan serta berinteraksi melalui konten yang relevan dengan budaya serta tren lokal.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA