Menu
Sign in
@ Contact
Search

Tarif Angkutan Umum Naik Maksimal 10%

Rabu, 19 Nov 2014 | 04:42 WIB
Oleh Laila Ramdhini dan Eko Adityo Nugroho (redaksi@investor.id)

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginstruksikan penaikan tarif transportasi umum antarkota antarprovinsi kelas ekonomi maksimal sebesar 10% sebagai dampak penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pemerintah juga akan memberikan insentif fiskal dan perbaikan regulasi bagi para operator angkutan umum untuk meringankan beban mereka.


“Sehubungan dengan keputusan pemerintah yang mengalihkan subsidi BBM yang sebagaimana kita ketahui bersama, maka kami akan menyesuaikan tarif angkutan umum maksimal 10% dari tarif yang berlaku saat ini,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (18/11).

Advertisement


Penyesuaian tarif angkutan ini sudah mempertimbangkan sejumlah aspek, khususnya keberlangsungan usaha operator angkutan umum serta kemampuan ekonomi masyarakat pengguna transportasi umum. Penaikan tarif sebesar 10% tersebut juga dinilai tidak terlalu tinggi, sehingga daya beli masyarakat diperkirakan tak turun.


Jonan menegaskan, kewenangan penaikan tarif angkutan umum yang berbasis jalan raya tidak hanya dipegang oleh Kemenhub, melainkan ada juga pemerintah daerah. Kemenhub hanya memiliki otoritas penuh pada penaikan tarif angkutan umum antarkota antarprovinsi kelas ekonomi. Sedangkan angkutan umum berbasis jalan raya lainnya, yang melingkupi wilayah lebih kecil, wewenang penyesuaian tarifnya berada di tangan kepala daerah ataupun operator setelah berdiskusi dengan kepala daerah masing-masing wilayah.


Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Juang N Hutagalung (juang.natigor@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com