Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pelindo III Siapkan Posko Mudik Lebaran

Rabu, 1 Juli 2015 | 16:07 WIB
ah

SURABAYA- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) pekan ini telah menyiapkan Posko Mudik Lebaran 1436 Hijriah untuk terminal penumpang kapal laut guna melayani pasar transportasi laut pada momentum besar keagamaan itu.

"Posko mudik di masing-masing terminal penumpang tahun 2015 mulai melayani pemudik pada H-15, atau hari Jumat tanggal 2 Juli 2015 hingga H+15 atau hari Kamis tanggal 2 Agustus 2015," ujar Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto, di Surabaya, Rabu.


Ia menjelaskan, ada tiga persiapan terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dalam menangani mudik melalui kapal laut pada tahun ini. Di antaranya adalah tambatan kapal, terminal penumpang, sarana prasana pendukung, dan personel. "Untuk tambatan kapal telah disiapkan sepanjang 500 meter di Terminal Jamrud Utara," katanya.

Ia menambahkan, tambatan sepanjang 500 meter itu bisa menambatkan tiga hingga empat kapal penumpang secara bersamaan. Dengan demikian, proses tersebut bisa lebih efektif.

"Di dermaga lain, kami juga telah menyiapkan tambatan lain sepanjang 120 meter di Terminal Jamrud Selatan dan 120 meter di Dermaga Kade Perak/Kapal Roro untuk kapal pengangkut kendaraan roll on-roll off (ro-ro)," katanya.

Dengan demikian, sebut dia, apabila dalam waktu bersamaan ada kapal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak maka bisa menambatkan lima hingga enam kapal penumpang sekaligus termasuk ro-ro. Kemudian untuk terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya tersedia tiga terminal penumpang.

"Terminal itu antara lain Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Terminal Jamrud Utara," katanya.

Terminal modern tersebut, lanjut dia, berkapasitas 4.000 penumpang dan dilengkapi dengan security check point, check in counter, eskalator, lift, ruang tunggu. Lalu, fasilitas garbarata (jembatan penghubung antara terminal dengan kapal).

"Melalui terminal penumpang sementara/eks-gudang 100 yang telah dimodifikasi menjadi terminal penumpang dengan luas 3.844 meter persegi juga dilengkapi fasilitas peralatan electronic detector. Kemudian Terminal Penumpang Kapal ro-ro di Kade Perak, dengan luas 2.573 meter persegi," katanya. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN