Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Presiden Targetkan Waduk Tugu Selesai 2017

Selasa, 25 Agustus 2015 | 18:07 WIB
ah

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menargetkan waduk Tugu di Trenggalek pembangunannya dapat selesai pada 2017 mendatang.

"Saya ingin cek bawa progres berjalan dan target 2017 selesai, tahun ini dimulai dikerjakan meski baru 15 persen tidak apa-apa lapangan saya cek dan semua program ada perkembangannya," kata Presiden saat meninjau pembangunan waduk Tugu di Trenggalek, Selasa sore.

Presiden mengatakan pembangunan saat ini terus dilakukan untuk mencapai target yang diharapkan.

Kepala Negara berharap bila ada masalah dalam pembebasan maka bupati dan kementerian terkait bisa menyelesaikannya dengan baik.

Dengan pembangunan waduk tersebut, kata Presiden, maka pengelolaan air dapat lebih baik.

"Untuk listrik, mengairi 1200 hektar, bisa untuk wisata listrik dan juga air minum, melimpah air tetapi tidak dikelola dan dimanage dengan baik," kata Presiden.

Sementara itu dalam pemaparannya, Kepala Balai Besar wilayah sungai Berantas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Amir Hamzah mengatakan lahan yang dibebaskan untuk pembangunan waduk mencapai 104 hektar.

"Proses pembebasan lahan sampai Juni 27,5 hektar dari 70 hektar, minggu depan terus dilakukan hingga 2016 sehingga proses alih fungsi hutan lindung 18 hektar, diproses oleh Perhutani dan baru dilakukan tukar guling setelah ada alih fungsi dari hutan lindung ke hutan produksi," katanya.

Waduk Tugu, menurut Amir Hamzah memiliki berbagai fungsi selain fungsi utamanya mengairi areal persawahan dan penanganan air di Trenggalek.

"Fungsi bendungan mengairi irigasi 1.200 hektar, air baku berasal dari tiga desa dengan kecepatan 400 liter per detik, 8.000 jiwa, ada potensi listrik tapi kecil, selain atasi banjir bisa juga digunakan untuk pariwisata," katanya.

Ditambahkannya,"bendungan ini cukup tinggi 80 meter dari dasar sungai dasar fondasi 105 meter, kita akan gali sampai 20 meter, volume tampungan 9 juta meter kubik." Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Seskab Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Trenggalek Mulyadi WR dan sejumlah pejabat lainnya.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN