Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Inka, Madiun. Foto: inka.co.id

PT Inka, Madiun. Foto: inka.co.id

INKA Kirim Rangkaian Kereta ke-31 LRT Jabodebek

Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:23 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Indonesia Kereta Api/INKA (Persero) resmi mengirimkan trainset atau rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang terakhir atau ke-31 dari Madiun pada Kamis (14/10).

Dalam seremoni pelepasan trainset ke-31 itu, hadir secara daring Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut menjelaskan, dengan acara pelepasan trainset LRT Jabodebek ke-31 ini menandakan telah selesainya proses produksi dan pengujian statis seluruh trainset LRT Jabodebek di pabrik INKA. Trainset LRT Jabodebek pertama kali dikirim INKA pada Oktober 2019.

"Saya senang sekali ini bagian akhir dari pekerjaan INKA untuk LRT. Ini menandakan telah selesainya proses produksi dan pengujian statis di pabrik INKA yang telah dilaksanakan dan dikirim pertama kali pada Oktober 2019," kata Luhut secara daring, Kamis (14/10).

Luhut mengapresiasi pencapaian INKA dalam penyelesaian proses produksi dan pengujian di pabrik untuk seluruh kereta LRT Jabodebek. Namun, dia mengingatkan semua stakeholders pada proyek pembangunan LRT Jabodebek untuk terus menjaga solidaritas dan semangat dalam melaksanakan proses pengujian kereta LRT di lapangan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Dia menambahkan bahwa proses pengujian di lintasan perlu dilakukan seksama dan tepat waktu sehingga LRT Jabodebek dapat beroperasi dengan performa maksimal. Luhut menuturkan, LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi pada Agustus 2022.

"Sebagai moda transportasi kereta dengan teknologi tinggi, yaitu grade of automation level 3 di mana pengoperasian kereta dijalankan secara otomatis tanpa menggunakan masinis atau driverless system," ucap Luhut.

Dia menekankan agar INKA, PT KAI (Persero), dan PT LEN (Persero) benar-benar memastikan setiap detail produksi dan pengujian kereta LRT Jabodebek dilaksanakan dengan baik. Hal itu guna menjamin kualitas keselamatan, keamanan, dan pelayanan.  

"Dan, sekaligus juga ini membuktikan bahwa bangsa ini bisa membuat kereta api yang baik dengan  teknologi tinggi," imbuh Luhut.

Dia juga mengingatkan pentingnya transfer of knowledge pada produksi dan pengujian kereta LRT Jabodebek agar ke depan Indonesia dapat benar-benar menguasai teknologi perkeretaapian modern.

"Sekali lagi saya ucapkan kepada PT INKA, khususnya yang telah menyelesaikan produksi 31 trainset-nya. Semoga uji coba kereta ini diberikan kelancaran hingga dioperasikan sesuai jadwal," tutup Luhut.

Sementara itu, Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro mengatakan, setiap trainset LRT Jabodebek terdiri atas enam kereta. Trainset tersebut dijalankan secara otomatis tanpa masinis sehingga butuh proses pengujian yang cukup lama.

Lebih jauh, dia mengharapkan dengan pelepasan trainset ke-31 LRT Jabodebek bukan berarti menjadi yang terakhir untuk INKA dalam memproduksi kereta LRT. Dia menginginkan agar INKA ke depan kembali diberi kepercayaan untuk menggarap proyek serupa.

"Kita bisa menyaksikan kereta pelepasan paket pertama. Nanti kalau terakhir gak ada lagi kerjaan. Ini paket pertama LRT Jabodebek jadi saya berharap ada paket kedua," papar Budi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN