Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

2.000 Kontainer Sudah Dipindahkan dari Priok

Selasa, 13 Agustus 2013 | 00:31 WIB
Antara

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengatakan 2.000 kontainer sudah dipindahkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sebagai bagian dari upaya perbaikan pelayanan kepabeanan dan peningkatan kelancaran arus barang di kawasan tersebut.

"Sudah mendekati 1.500-2.000 kontainer, dan banyak yang langsung diambil pemiliknya, jadi sudah tidak menumpuk," ujarnya di Jakarta, Senin.

Mahendra mengatakan dengan upaya pemindahan peti kemas tersebut, maka saat ini tingkat Yard Occupancy Ratio (YOR) telah menurun menjadi kisaran 40% dari sebelumnya sekitar 100-120% pada awal Juli 2013. "Sekarang itu sudah 40%, YOR-nya, tapi memang karena aktifitas turun di pelabuhan dan sudah masuk ke periode lebaran," katanya.

Mahendra menambahkan pemerintah akan meningkatkan efektivitas pemanfaatan Tempat Penimbunan Pabean Marunda serta Dry Port Cikarang, agar kepadatan kontainer berkurang dan tidak lagi menganggu proses kelancaran arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok. "Saya harapkan Marunda bisa menjadi bagian dari pengaturan arus barang yang permanen, dan adanya pemanfaatan dry port Cikarang yang lebih optimal. Ini kita dorong dan percepat," ujarnya.

Namun, ia mengatakan masih ada kemungkinan terjadinya kemacetan di sekitar kawasan tersebut, karena akses infrastruktur jalan masih terbatas dan belum adanya tempat parkir memadai bagi truk pengangkut kontainer.

"Kemacetan masih terjadi didalam dan luar pelabuhan. Kita akan terus kawal penyelesaian jalan tol tepat waktu, dan dalam waktu dekat mencari penyediaan parkir bagi truk di sekitar Ancol Timur," ujarnya. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN