Menu
Sign in
@ Contact
Search

Kualanamu Hub Penerbangan ke Asia dan Timur Tengah

Senin, 27 Januari 2014 | 09:56 WIB
Oleh Tri Murti (redaksi@investor.id)

JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) II menyatakan Bandara Internasional Kualanamu dipersiapkan sebagai hub bagi maskapai yang melayani penerbangan luar negeri, terutama ke kota-kota di Asia dan Timur Tengah. Saat ini, beberapa maskapai asing sudah membuka penerbangan internasional dari Bandara Kualanamu, di antaranya Mihin Lanka yang berbasis di Srilanka.

“Beberapa maskapai asing lainnya juga akan membuka penerbangan dari dan ke bandara ini,” kata Direktur Utama AP II Tri S Sunoko, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Tri, Bandara Kualanamu dibangun dengan terminal yang dapat menampung 8 juta penumpang per tahun, atau hampir 10 kali lipat dibandingkan kapasitas Bandara Polonia, Medan. Bandara berkode KNO ini memiliki ukuran landasan pacu (runway) 3.750 x 60 m sehingga dapat melayani penerbangan dengan pesawat berbadan lebar (wide body).

AP II juga memiliki rencana untuk menambah satu lagi runway di bandara ini dengan ukuran yang sama yaitu 3.750 x 60 m. Di samping itu, perseroan juga akan melakukan pengembangan tahap II yakni meningkatkan kapasitas terminal sehingga dapat menampung 10 juta penumpang per tahun. Tri menuturkan, saat ini, Bandara Kualanamu sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, seperti integrated baggage handling screening system (IBHSS). IBHSS merupakan teknologi penanganan bagasi otomatis untuk mempermudah penumpang maupun maskapai.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com