Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Pelindo III Tambah Dua Container

Rabu, 20 Agustus 2014 | 13:16 WIB
Alex Dungkal dan Emral Ferdiansyah

SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia Persero (Pelindo) III Cabang Tanjung Perak, Surabaya, akan meningkatkan pelayanan di Terminal Multiguna Nilam Timur dengan menambah dua unit pengangkat kontainer (container crane/CC) yang menggunakan teknologi ramah lingkungan.

"Upaya ini kami lakukan seiring komitmen perusahaan untuk menata terminal sekaligus perbaikan dan pembaruan berbagai fasilitas guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," kata Deputi General Manager Pelabuhan Tanjung Perak, Bambang Hasbullah di Surabaya, Rabu.

Ia menjelaskan pengadaan dua unit CC baru tersebut ditargetkan datang di Pelabuhan Tanjung Perak pada semester I tahun 2015. Hal itu juga bertujuan memperlancar arus barang secara efektif dan efisien.

"Selain itu untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan peningkatan daya saing produk nasional di pasar domestik, regional, dan global," ujarnya.

Sementara itu, Manajer Terminal Nilam, Bambang Wiyadi mengemukakan saat ini Terminal Multiguna Nilam Timur Pelabuhan Tanjung Perak menggunakan tiga unit CC bertenaga diesel. Masing-masing CC memiliki produktivitas sebanyak 21 boks peti kemas per jam.

"Berbeda dengan CC baru yang berteknologi listrik, alat itu memiliki produktivitas sebanyak 25 boks peti kemas per jam," katanya.

Ia meyakini dengan kehadiran dua unit CC baru diharapkan arus bongkar muat Terminal Multiguna Nilam Timur dapat meningkat dari 26.000 Teus per bulan menjadi 35.000 Teus per bulan.

"Pada masa mendatang, satu unit CC nomor 03 yang ada di Terminal Nilam akan direlokasi ke Pelabuhan Tenau Kupang dan digantikan dua unit CC baru," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, total CC yang akan beroperasi di Teminal Nilam sebanyak empat unit. Sementara dua unit CC yang bertenaga diesel akan dimodifikasi menjadi bertenaga listrik sehingga empat unit CC di Terminal Nilam segera bertenaga listrik seluruhnya. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN